Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Brimo Pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa Menggunakan Mobile Service Quality dengan Metode CSI
DOI:
https://doi.org/10.51998/jti.v11i01.618Abstrak
BRImo menyediakan berbagai layanan yang mempermudah penggunanya dalam melakukan transaksi perbankan. Permasalahan dalam penelitian ini timbul karena seringnya terjadi gangguan sistem pada aplikasi dan banyaknya keluhan pengguna mengenai performa aplikasi, khususnya dalam hal kecepatan akses, berdasarkan ulasan di Google Play Store. Hal ini menimbulkan penurunan minat pengguna terhadap aplikasi BRImo. Mengingat masih adanya keluhan dan rating yang kurang memuaskan, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi BRImo pada mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur persentase kepuasan pengguna, dengan memodifikasi dimensi yang terdapat pada Mobile Service Quality agar sesuai dengan fokus penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan total 15 pertanyaan yang melibatkan 40 responden. Data yang terkumpul diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum diolah menggunakan metode CSI. Hasil dari penelitian ini terlihat dalam perhitungan metode CSI didapatkan hasil persentase kepuasan pengguna sebesar 75,78% dan dapat dinyatakan bahwa pelanggan merasa “Puas” terhadap kualitas layanan aplikasi BRImo.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Annur Fajri, Arsyad Kurnia Rifki

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.