Implementasi Metode SMART pada Seleksi Penerima Beasiswa Tingkat Tinggi di Lembaga Amil Zakat

Penulis

  • Nina Sulawi Jaya Putri STMIK Antar Bangsa
  • Kusuma Hati STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v8i2.502

Abstrak

AbstractThe selection of High Level Scholarship Recipients at the Amil Zakat Institute is a job that requires special accuracy in the process of assessing and sorting data on prospective scholarship recipients. It is hoped that this will result in selective, fair and satisfactory results, so that scholarship recipients who are deemed very necessary to be given further education funding assistance are selected according to predetermined criteria. Then the use of a computer-based Decision Support System (DSS) can be used as a solution in order to facilitate decision making. In this study, the method used is the Simple Multi-Attribute Rating Technology (SMART), with several stages in the calculation to determine the best rating. The conclusion from this research is that a computerized SMART decision support system can provide convenience in the scholarship data storage process by using a menu that can organize and manage scholarship data to be more neat and organized. It also provides efficiency in terms of time in the process of selecting scholarship recipients with the criteria for determining whether or not prospective scholarship recipients receive assistance.

KeywordsHigh-Level Scholarship, Decision Support System (SPK), Simple Multy Attribute Rating Technique (SMART).

Intisari— Penyeleksian Penerima Beasiswa Tingkat Tinggi di suatu Lembaga Amil Zakat merupakan pekerjaan yang memerlukan ketelitian khusus dalam prosespenilaian dan pemilahan data calon penerima beasiswa. Karena diharapkan dapat memperoleh hasil yang selektif, adil dan memuaskan, sehingga terpilihlah penerima beasiswa yang dianggap sangat perlu dan tepat sasaran untuk diberikan bantuan dana pendidikan tingkat lanjut sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Karena itulah Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis komputer sangat diperlukan dan dapat dijadikan sebuah solusi agar memudahkan dalam pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Simple Multy Attribute Rating Tecnique (SMART), dengan beberapa tahapan dalam perhitungan untuk menentukan rating terbaik. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan dengan metode SMART secara terkomputerisasi dapat memberikan kemudahan dalam proses penyimpanan data beasiswa dengan penggunaan sebuah menu yang dapat mengatur dan mengelola data beasiswa menjadi lebih rapih dan tertata. Juga memberikan efesiensi waktu dalam proses pemilihan penerima beasiswa dengan kriteria penentu layak tidaknya calon penerima beasiswa dalam menerima bantuan.

Kata Kunci— Beasiswa Tingkat Tinggi, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Simple Multy Attribute Rating Tecnique (SMART).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-22

Cara Mengutip

Jaya Putri, N. S. ., & Hati, K. (2022). Implementasi Metode SMART pada Seleksi Penerima Beasiswa Tingkat Tinggi di Lembaga Amil Zakat. Jurnal Teknik Informatika, 8(2), 50–58. https://doi.org/10.51998/jti.v8i2.502