Visualisasi Data Perhitungan SLA Pengiriman Unit Periode Januari-Desember 2021

Penulis

  • Doni Andriansyah Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v8i1.471

Abstrak

Abstract— Service Level Agreement (SLA) is a benchmark for the achievement of an activity carried out. one of the quality of service is the completion of work in accordance with the SLA. To be able to meet the needs of customer units in an area, the company cooperates with expedition vendors to be able to send units to destinations with a distance of more than 100 km. Unit deliveries are also carried out internally by the company but with a distance of less than or only up to 100 km. Monitoring needs to be done so that unit deliveries to customers arrive quickly, safely, and on time. Currently the process is done manually, namely the calculation of vendor and internal SLAs that still use Ms. Excel. The methods used in this research are Visual Data Mining (VDM) and Extract, Transfer, Load (ETL). The results of the research are in the form of a data visualization dashboard that can be used as monitoring the achievement of SLA unit delivery.

Intisari— Service Level Agreement (SLA) merupakan tolak ukur pencapaian atas suatu aktifitas yang dilakukan. salah satu kualitas pelayanan adalah penyelesaian pekerjaan yang sesuai dengan SLA. Untuk dapat memenuhi kebutuhan unit pelanggan disuatu daerah, perusahaan bekerja sama dengan vendor ekspedisi untuk dapat mengirimkan unit-unit ke tempat tujuan dengan jarak tempuh lebih dari 100 km. Pengiriman unit juga dilakukan oleh internal perusahaan namun dengan jarak tempuh kurang dari atau hanya sampai 100 km. Perlu dilakukan monitoring agar pengiriman unit ke pelanggan tiba dengan cepat, aman, dan tepat waktu. Saat ini proses tersebut dilakukan secara manual, yaitu perhitungan SLA vendor dan internal yang masih menggunakan Ms. Excel. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Visual Data Mining (VDM) dan Extract, Transfer, Load (ETL). Hasil dari penelitian berupa dashboard visualisasi data yang dapat digunakan sebagai monitoring pencapaian SLA pengiriman unit.

Kata Kunci— Visualisasi Data, Mining, SLA, Monitoring

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-02-26

Cara Mengutip

Andriansyah, D. (2022). Visualisasi Data Perhitungan SLA Pengiriman Unit Periode Januari-Desember 2021 . Jurnal Teknik Informatika, 8(1), 07–11. https://doi.org/10.51998/jti.v8i1.471