Prototype Game Pencegahan Demam Berdarah Dengue Menggunakan Unity 2D

Penulis

  • Muhammad Abiyyu Rohman
  • Dian Kasoni

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v6i2.333

Abstrak

Abstract— Indonesia reported as the second largest country in dengue fever case from 30 endemic countries. Since 1999, Indonesia has experianced an increase dengue case on children aged 15 and above. Even more, there are a lot of members of society who are still have no idea or rather acting ignorant regarding the Eradication of Mosquito’s Nest program issued by Jakarta’s Public Health Office. One of innovations in socializing the Eradication of Mosquito’s Nest program, especially toward children to teenagers is using educational video game. Video game is a game that contains various elements such as Rules, Valued outcome, Use of player’s ability, and Conflict. Socializing methods using video game is expected to be able to reach wider members of society, and delivering suitable informations. The software used to make the video game is Unity game engine.

 

Intisari— Indonesia dilaporkan sebagai negara terbesar kedua dengan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dari 30 negara endemis. Sejak tahun 1999, Indonesia mengalami peningkatan kasus DBD pada anak – anak berusia 15 tahun ke atas. Terlebih lagi masih banyak anggota masyarakat yang belum mengetahui atau belum peduli terhadap penerapan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang diterbitkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Salah satu inovasi dalam upaya sosialisasi program PSN kepada masyarakat, khususnya pada anak – anak hingga remaja yaitu menggunakan video game edukasi. Video game adalah permainan video yang memiliki elemen – elemen seperti Rules, Valued outcome, Use of player’s ability, dan conflict. Metode sosialisasi menggunakan video game diharapkan dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan menyampaikan informasi yang sesuai. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat video game adalah game engine Unity.

 

Kata Kunci — Dengue,  Game, Pixel, Art  Unity

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-08-25

Cara Mengutip

Muhammad Abiyyu Rohman, & Dian Kasoni. (2020). Prototype Game Pencegahan Demam Berdarah Dengue Menggunakan Unity 2D. Jurnal Teknik Informatika, 6(2), 58–62. https://doi.org/10.51998/jti.v6i2.333