KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMARTPHONE ANDROID

Penulis

  • Faridi Faridi

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v2i2.86

Abstrak

Abstract— The learning activities in SMK Islamic Village are still conventional with face to face directly in the classroom, knowledge sharing process is still constrained by space and time spesially Produktif TKJ. While current technology is already highly sophisticated, enabling knowledge sharing people can do anytime and anywhere by using their smartphones. Therefore, applications need to be made to support the learning activities based android smartphone. The purpose of this study is to help overcome the existing problems by building an application that can help students and teachers in learning activities and knowledge sharing that can be done online through the android smartphone that is expected to improve  the productivity of the students and teachers to produktif TKJ subject. The method used in this research are descriptive analysis of the work and activities and  prototype Model for system design. In the application of this android-based smartphone, students and the teachers can perform learning activities and knowledge sharing activities anytime and anywhere without constrained by time and space, which is expected to improve the productivity of teachers and to Produktif TKJ subjects.

 

Intisari— Kegiatan belajar mengajar di SMK Islamic Village  masih bersifat konvensional yaitu dengan bertatap muka secara langsung di kelas, dimana proses knowledge sharing masih dibatasi oleh ruang dan waktu terutama mata pelajaran produktif TKJ. Sedangkan teknologi saat ini sudah sangat canggih, sehingga memungkinkan orang dapat  melakukan knowledge sharing kapan dan dimana saja dengan menggunakan smartphone mereka. Untuk itu, perlu dibuat aplikasi yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar yang berbasis smartphone android. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi yang dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar dan knowledge sharing secara online yang dapat diakses melalui smartphone android serta dapat meningkatkan produktifitas guru dan siswa terhadap mata pelajaran produktif TKJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif analisis kerja dan aktifitas, dan prototype model untuk perancangan sistem. Dalam aplikasi yang berbasis smartphone android ini, siswa dan guru dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dan knowledge sharing kapanpun dan dimanapun tanpa terkendala oleh waktu dan ruang, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktifitas guru dan siswa terhadap mata pelajaran produktif TKJ.

 

Kata Kunci— Aplikasi Android, Kegiatan Mobile Learning, Knowledge Sharing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-02-14

Cara Mengutip

Faridi, F. (2017). KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMARTPHONE ANDROID. Jurnal Teknik Informatika, 2(2), 130–135. https://doi.org/10.51998/jti.v2i2.86