Penggunaan ChatGPT dalam Otomatisasi Penilaian Jawaban Esai Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di STMIK Antar Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.51998/jti.v11i2.630Abstract
Penilaian esai secara manual dalam lingkungan pendidikan seringkali memerlukan waktu dan tenaga yang signifikan, terutama ketika volume tugas tinggi dan keterbatasan tenaga pengajar menjadi kendala. Proses ini tidak hanya memperlambat umpan balik kepada peserta didik, tetapi juga berpotensi menghadirkan ketidakkonsistenan dalam penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi kecerdasan buatan, khususnya model bahasa ChatGPT, dalam mengotomatiskan proses penilaian esai. Metode yang digunakan melibatkan implementasi sistem penilaian otomatis berbasis API ChatGPT, yang kemudian diuji terhadap sejumlah esai mahasiswa dengan berbagai topik dan tingkat kompleksitas. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan hasil penilaian ChatGPT terhadap penilaian manual yang dilakukan oleh dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT mampu memberikan penilaian yang konsisten dan efisien, dengan tingkat kesesuaian yang cukup tinggi terhadap penilaian manusia, terutama dalam aspek koherensi, relevansi isi, dan struktur penulisan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa ChatGPT memiliki potensi besar sebagai alat bantu dalam penilaian esai secara otomatis, meskipun tetap diperlukan supervisi dari pengajar untuk menjamin kualitas dan keadilan penilaian.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aristejo ST MKom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.