Analisis Keefektifan ChatGPT dalam Membantu Proses Belajar pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.51998/jti.v10i2.580Abstrak
Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak munculnya produk openAI, salah satunya yaitu ChatGPT. ChatGPT telah digunakan secara luas, khususnya dalam bidang pendidikan. Banyak studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran membawa dampak positif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan ChatGPT dalam membantu proses belajar pada mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei yang disebarkan kepada 180 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan ChatGPT berskala tinggi untuk membantu proses pembelajaran dalam perkuliahan. Hal ini disebabkan oleh peran dan manfaat yang diberikan oleh ChatGPT dalam ketiga aspek proses pembelajaran, yaitu keterlibatan mahasiswa, pemahaman materi, dan efektivitas pembelajaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Assyifa Aulia Syanzani, Nur Azrina, Vika Fitriani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.