Analisis Keefektifan ChatGPT dalam Membantu Proses Belajar pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa

Penulis

  • Assyifa Aulia Syanzani STMIK Antar Bangsa
  • Nur Azrina STMIK Antar Bangsa
  • Vika Fitriani STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v10i2.580

Abstrak

Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak munculnya produk openAI, salah satunya yaitu ChatGPT. ChatGPT telah digunakan secara luas, khususnya dalam bidang pendidikan. Banyak studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran membawa dampak positif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan ChatGPT dalam membantu proses belajar pada mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei yang disebarkan kepada 180 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan ChatGPT berskala tinggi untuk membantu proses pembelajaran dalam perkuliahan. Hal ini disebabkan oleh peran dan manfaat yang diberikan oleh ChatGPT dalam ketiga aspek proses pembelajaran, yaitu keterlibatan mahasiswa, pemahaman materi, dan efektivitas pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-28

Cara Mengutip

Assyifa Aulia Syanzani, Nur Azrina, & Vika Fitriani. (2024). Analisis Keefektifan ChatGPT dalam Membantu Proses Belajar pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 32–39. https://doi.org/10.51998/jti.v10i2.580