Prototipe Monitoring Lampu Jalan Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ESP32 dan Api BOT Telegram

Penulis

  • Yusril Athallah Muhammad Yazid STMIK Antar Bangsa
  • Rizqi Agung Permana STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v9i2.544

Abstrak

Penerangan jalan umum merupakan salah satu hal yang paling penting dikarenakan berkaitan dengan keamanan dan keselamatan para pengguna jalan, terutama di malam hari yang membutuhkan penerangan secara baik. Minimnya penerangan dijalan, dapat berdampak berbahaya untuk masyarakat. Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi saat ini membuat perubahan pada system keamanan dan untuk mengurangi bertatap muka di era covid-19 ini. Teknologi sangat penting dalam kebutuhan mendapatkan suatu informasi yang tepat, cepat dan akurat. Saat ini perkembangan sistem IoT (Internet of Things) yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Sistem IoT menjadi sistem yang sangat fleksibel dikarenakan apapun bisa di control melalui jalur internet. Dan juga dengan adanya sistem IoT ini maka diharapkan dapat meminimalisir terjadinya dialog tatap muka yang dapat mengakibatkan penularan virus covid-19. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem berbasis IoT yang memakai mikrokontroller ESP 32 sebagai pusat pemrosesnya untuk pengecekan lampu jalan yang rusak atau Mafunction yang informasinya dikirim melalui Application Programming Interface (API) untuk diteruskan ke BOT Telegram penerima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rizqi Agung Permana, STMIK Antar Bangsa

Rizqi Agung Permana, M.Kom. Tahun 2012 lulus dari Program Strata Satu (S1) Sistem Informasi Nusa Mandiri. Tahun 2015 lulus dari Program Magister (S2) Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri. Saat ini sebagai Dosen Tetap Program Studi Teknik Informatika di STMIK Antar Bangsa. Aktif melakukan penelitian di bidang data mining dan text mining.

Diterbitkan

2023-08-30

Cara Mengutip

Muhammad Yazid, Y. A., & Permana, R. A. (2023). Prototipe Monitoring Lampu Jalan Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ESP32 dan Api BOT Telegram. Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 57–62. https://doi.org/10.51998/jti.v9i2.544