Pengukuran Kinerja Layanan Akademik Dengan Maturity Level Dan Analisis It Balanced Scorecard Berdasarkan Perspektif Orientasi Pengguna

Authors

  • Didin Herlinudinkhaji Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v7i2.428

Abstract

Intisari— Kegiatan akademik di Perguruan Tinggi sangatlah penting terutama di masa pandemi yang sebagian besar kegiatannya dilakukan secara daring. Perguruan tinggi perlu memiliki strategi untuk dapat melaksanakan pelayanan akademik supaya berjalan dengan baik salah satunya dengan melaksanakan pengukuran dengan menggunakan maturity level dan analisis IT balanced scorecard. Pada penelitian ini dilakukan analisis IT Balanced Scorecard perspektif orientasi pengguna untuk mengetahui kinerja dari beberapa indikator sehingga dapat mengetahui skor akhir indikator tersebut. Penskoran akhir menunjukkan nilai kinerja dari masing-masing indikator sehingga dapat melakukan penilaian dengan maturity level yang dapat digunakan pimpinan perusahaan/organisasi untuk menentukan langkah stragis berikutnya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis IT Balanced Scorecard dan maturity level dapat mengetahui pengaruh dari masing-masing indikator kinerja.


Kata Kunci— IT Balanced Scorecard, Kinerja Layanan Akademik, Maturity Level, IT BSC, Layanan Akademik.

Referensi :

[1] Dewi S.R., Maturity Level Assesment for ERP System Investment Using Val IT Framework, Procedia Computer Science 161, 250-257, 2019.

[2] Dewi F. and Mahendrawathi ER, Business Process Maturity Level of MSMEs in East Java Indonesia, Procedia Computer Science 161, 10981105, 2019.

[3] Haryanti, Tining and Pribadi A., E-commerce Service Design Readiness using ITIL Framework with IT Balanced Scorecard Objective (Case Study : University E-commerce), Procedia Computer Science 161, 283290, 2019.

[4] Hendy Wijaya dan Erny Caroline, Measurement of The Effectivess Strategy Is/It To Business Strategy With It Balanced Scorecard Method At Binus International Joseph Wibowo Center, Journal of Technology Information, 2020, vol. 6 No. 1.

[5] Muhammad, Rizal Munadi, M. Subianto, Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Akademik Menggunakan IT Balanced Scorecard Pada Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, Jurnal Infromatika UPGRIS, 2018, Vo. 4, No. 1.

[6] Solechan A., Prasandy T., Rancang bangun Tata Kelola Kinerja Perguruan Tinggi menggunakan IT Balanced Scorecard, Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2016, 01.

[7] Nibras Faiq M, Kusrini, Asro Nasrini, Menggunakan Cobit 4.1 dan Balaced Scorecard Untuk Merancang Tata Kelola Sistem Informasi, Jurnal Informa, 2021, Vol. 7, No. 1.

[8] Edi Gunawan, Analisis Pengukuran Kinerja Divisi It Menggunakan It Balanced Scorecard Pada Pt. XYZ, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 2019, Vol. 3, No. 3.

[9] Safitri N.A., Herdiansyah M.I., Peningkatan Kinerja Sistem E-Learning Dalam Perspektif Universitas 4.0 Menggunakan Kerangka It Balanced Scorec, Gema Teknologi, 2020, No. 1.

[10] Syarifudin G, Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Dosen Dengan Menggunakan It Balance Scorecard, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 2013, Vol. 3, No. 1.

[11] Nainggolan D.Y., Wijaya A.F., Analisis Kinerja Sistem Pengolahan Data Berbasis Web Menggunakan It Balanced Scorecard Sebagai Sarana Untuk Menunjang Kinerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sragen, Jurnal SITECH, 2019, Vol 2, No. 1.

[12] Pawan E, Utama E., Nasiri A, Mengukur Tingkat Kematangan Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Menggunakan COBIT 4.1 dan Balanced Scorecard, Citec Journal, 2018, Vol. 5, No. 2.

[13] Niven P.R., Balanced Scorecard Step by Step, Maximing Performance and Maintaining Results, John Wiley & Sons Inc, 2th edition, 2006.

[14] Keyes J., Implementing the IT Balanced Scorecard Aligning with Corporate Srategy, Auerbach Publication, Taylor & Francis Group, 2005.

[15] Sakinah F, Setiawan B., Indeks Penilaian Kematangan (Maturity) Manajemen Keamanan Layanan TI, Jurnal Teknik Pomits, 2013, Vol. 2, No. 1.

[16] Jogiyanto, Pedoman Survey Kuesioner : Pengembangan Kuesioner mengatasi bias dan Meningkatkan Respon, BPFE, Jogjakarta, 2011.

[17] Jogiyanto, Metode Penelitian Sistem Informasi, Penerbit ANDI, Jogjakarta, 2008.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-08-24

How to Cite

Herlinudinkhaji, D. (2021). Pengukuran Kinerja Layanan Akademik Dengan Maturity Level Dan Analisis It Balanced Scorecard Berdasarkan Perspektif Orientasi Pengguna . Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, 7(2), 57–62. https://doi.org/10.51998/jti.v7i2.428