ANALISA PEMILIHAN SISTEM OPERASI HANDPHONE MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Penulis

  • Sumiyatik STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Laila Septiana STMIK Nusa Mandiri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v1i2.409

Abstrak

Abstract— Smarthphone developments in recent years is growing rapidly. Even competition in the product market even more stringent. Many mobile phone manufacturers or smatphone compete to offer their products. Many advantages offered by the smartphone manufacturers in terms of models, features and operating system on smarthphone. Operating Systems became one of the considerations for someone to buy one's dream phone. Many types of operating systems that are owned by a variety of mobile phones, then made a comparison to choose what operating system you want to use, to facilitate determining the mobile operating system that is much in demand by the public. Therefore, in this study conducted to choose the operating system on mobile phones by using the method of Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP is a research method for making a decision to use a hierarchy and do comparisons on any criteria, sub-criteria and alternatives into consideration in decision making.

Intisari— Perkembangan Smarthphone pada beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan cepat. Bahkan persaingan di pasar produk tersebut pun semakin ketat. Banyak produsen handphone atau smartphone bersaing menawarkan produk mereka. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh para pihak produsen smartphone baik dari segi model, fitur maupun sistem operasi pada smarthphone. Sistem Operasi menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli salah satu handphone idaman. Banyak jenis sistem operasi yang dimiliki oleh macam-macam handphone, maka dibuatlah suatu perbandingan untuk memilih sistem operasi apa yang ingin digunakan, untuk mempermudah menentukan sistem operasi handphone yang banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan untuk memilih sistem operasi pada Handphone dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP adalah metode penelitian untuk pengambilan suatu keputusan dengan menggunakan hirarki dan melakukan perbandingan pada setiap kriteria, sub kriteria dan alternatif yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-18

Cara Mengutip

Sumiyatik, & Laila Septiana. (2021). ANALISA PEMILIHAN SISTEM OPERASI HANDPHONE MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 251–258. https://doi.org/10.51998/jti.v1i2.409