PEMODELAN DATAWAREHOUSE KOPERASI DENGAN METODE FOUR-STEP KIMBALL

Penulis

  • Dony Oscar AMIK BSI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v1i2.405

Abstrak

Abstract - As an institution that has an objective to help the welfare of its members, Cooperative Employees would require an accountability report as one of support for the Board to conduct the evaluation, planning, and provide flexibility for the board to make decisions. But the information systems used today can not meet these needs, because the information system used currently only able to produce a report transaction data reports on the members. This study aimed to explore whether the data warehouse model as the most appropriate to be used by the Board to analyze any existing data so that the information can be utilized as a support in any decision making process. By using a four-step method kimball will build a data warehouse that will present the report in the form mutidimensi useful for the Board to conduct in-depth analysis to improve the quality of decisions made. Results from this study is a data warehouse model and its application to assist the cooperative management in analyzing the existing data information as the basis for each decision made.

Intisari— Sebagai institusi yang mempunya tujuan untuk membantu kesejahteraan dari para anggota nya, Koperasi Karyawan tentu akan membutuhkan sebuah laporan yang akuntabel sebagai salah satu penunjang bagi pengurus dalam melakukan evaluasi, perencanaan, serta memberikan keleluasaan bagi pengurus untuk melakukan pengambilan keputusan. Tetapi sistem informasi yang digunakan saat ini tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut, karena sistem informasi yang digunakan saat ini hanya mampu menghasilkan laporan laporan tentang data transaksi para anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mencari model data warehouse seperti apakah yang paling tepat untuk digunakan oleh para pengurus dalam menganalisa setiap informasi data yang ada agar dapat dimanfaatkan sebagai penunjang dalam setiap proses pengambilan keputusan. Dengan menggunkan metode kimball four-step akan membangun data warehouse yang akan menyajikan laporan dalam bentuk multidimensi yang berguna bagi pengurus dalam melakukan analisa yang mendalam untuk meningkatkan kualitas dari keputusan yang dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah model data warehouse serta aplikasinya yang dapat membantu para pengurus koperasi dalam melakukan analisa terhadap informasi data yang ada sebagai landasan pada setiap keputusan yang dibuat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-18

Cara Mengutip

Dony Oscar. (2021). PEMODELAN DATAWAREHOUSE KOPERASI DENGAN METODE FOUR-STEP KIMBALL . Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 220–227. https://doi.org/10.51998/jti.v1i2.405