Sistem Pakar Diagnosis Penyakit yang Disebabkan Gigitan Nyamuk

Penulis

  • Lisda Widiastuti

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v5i1.298

Abstrak

Abstract— Health field is one field that uses computer technology. One is to diagnose a disease caused by the bite of a mosquito that can happen to anyone. The number of complaints and symptoms are almost the same from various types of diseases caused by mosquito bites, causing disease identification becomes difficult to distinguish. So it takes an application to diagnose the symptoms and complaints that patients perceived. The expert system can help quickly in obtaining the required information and solutions about the disease caused by a mosquito bite symptoms fit the input user.

 

        Intisari—Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang menggunakan teknologi komputer. Salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang dapat terjadi pada siapa pun. Banyaknya  keluhan dan gejala yang hampir sama dari berbagai macam jenis  penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk,  menyebabkan identifikasi penyakit menjadi sulit untuk dibedakan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah aplikasi untuk mendiagnosa gejala-gejala dan keluhan yang dirasakan penderita. Diharapkan sistem pakar ini dapat membantu dengan cepat dalam memperoleh informasi dan solusi yang dibutuhkan mengenai penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk sesuai dengan gejala yang diinputkan pemakai.

 

Kata Kunci — Diagnosis Penyakit, Gigitan Nyamuk, Sistem Pakar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-02-13

Cara Mengutip

Widiastuti, L. (2019). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit yang Disebabkan Gigitan Nyamuk. Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.51998/jti.v5i1.298