E-COMMERCE MERCHANDISE KAMPUS PADA PT. COME INDONUSA JAKARTA MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)

Penulis

  • Dinar Ajeng Kristiyanti

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v1i1.27

Abstrak

Abstract— E-Commerce (Electronic Commerce) has become the trend since the emerge of thousand companies who sell their wares on the website. The increasing of fierce competition makes both companies and individuals endeavors to provide convenience facilities for the consumer or user in finding out the data item as long as the terms order on the website, so that the customer of the user is interested to buy the product. PT. COME Indonusa Jakarta is a company focus in selling goods. Both selling service and business as well as the sale of particular goods, campus merchandise. As for the goods produced to date is the merchandise of the Academy of Bina Sarana Informatika. In the long term of business plan, PT. COME Indonusa Jakarta will expand the network not only for the Academy of Bina Sarana Informatika but also to the other universities. The selling order of the product of PT. COME Indonusa Jakarta using e-mail, sms, fax and telephone, the transaction processes are still done manually, so it needs longer time for the data to be recorded, processed or to be followed up. Using E-Commerce and considering the open market opportunity for selling the merchandise at campus, the writer intends to present the E-Commerce sites for campus merchandise using Unified Modeling Language (UML), which is expected can be utilized by customers. In addition it can expand the dissemination of information product and will certainly increase the profit at PT. COME Indonusa Jakarta.

 

Intisari— E-Commerce (Electronic Commerce) telah menjadi trend dari bermunculannya ribuan perusahaan yang menjajakan dagangannya di dalam website. Persaingan yang semakin ketat, tentunya membuat perusahaan maupun individu berusaha menyediakan fasilitas kemudahan bagi konsumen atau user dalam menyusuri data-data barang sampai cara pemesanannya di dalam website, sehingga pada akhirnya konsumen atau user tersebut tertarik untuk membeli. PT. COME Indonusa Jakarta  merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan. Baik penjualan jasa dalam bisnis kursusnya, maupun penjualan barang khususnya produk-produk merchandise kampus. Adapun barang yang diproduksi sampai saat ini adalah merchandise kampus pada Akademi Bina Sarana Informatika. Dalam jangka panjang PT. COME Indonusa Jakarta akan merambah bisnis penjualan produk merchandise tidak hanya untuk kampus Akademi Bina Sarana Informatika saja, namun juga untuk kampus-kampus perguruan tinggi lainnya. Pemesanan penjualan merchandise kampus pada PT. COME Indonusa Jakarta yang masih menggunakan e-mail, sms, fax dan telepon serta transaksi penjualan yang masih dilakukan secara manual, terbilang lambat pada saat data itu dicatat, diproses atau dibutuhkan kembali. Dengan adanya E-Commerce dan melihat pasar yang masih sangat terbuka untuk produk merchandise kampus, penulis bermaksud menyajikan situs E-Commerce merchandise kampus dengan pemodelan sistemnya menggunakan Unified Modeling Language (UML), dimana diharapkan nantinya akan  lebih dimanfaatkan oleh lebih banyak pembeli. Selain itu dapat memperluas penyebaran informasi produk dan tentunya akan meningkatkan profit bagi PT. COME Indonusa Jakarta.

 

Kata Kunci— E-Commerce, Merchandise Kampus, PT. COME Indonusa Jakarta, Unified Modeling Language (UML)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-13

Cara Mengutip

Kristiyanti, D. A. (2016). E-COMMERCE MERCHANDISE KAMPUS PADA PT. COME INDONUSA JAKARTA MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML). Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 101–111. https://doi.org/10.51998/jti.v1i1.27