PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS AD DA'WATUL ISLAMIYAH

Penulis

  • Maruloh Maruloh

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v2i2.246

Abstrak

Abstract— Information technology is needed in the system of teaching in schools, especially for subjects that require practice and an understanding like a physics lesson. The learning system of physics which are generally difficult lecture seventh grade students to understand the material measurements, quantities and units. The lack of practical tools also inhibits students understand the use of measuring instruments in life. Coupled with the many formulas in physics increasingly make students less excited for this lesson. And this will affect the value of the students. Based on this, the necessary changes in teaching methods. Learning system initially with the lecture method was developed with the help of multimedia applications and animations. With this learning system, making learning more interactive physics, so that students are easier to understand and comprehend this lesson. Thus the value of students for this course will increase.

Intisari— Teknologi Informasi sangat dibutuhkan dalam system pembelajaran di sekolah, terutama untuk pelajaran yang membutuhkan praktik dan pemahaman seperti pelajaran fisika. Sistem pembelajaran fisika yang pada umumnya bersifat ceramah mempersulit siswa kelas VII untuk mengerti materi pengukuran, besaran, dan satuan. Kurangnya alat praktikum juga menghambat siswa mengerti penggunaan alat ukur dalam kehidupan. Ditambah lagi dengan banyaknya rumus dalam fisika semakin membuat siswa kurang bersemangat untuk pelajaran ini. Dan ini akan berpengaruh terhadap nilai para siswa. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan perubahan metode pembelajaran. Sistem pembelajaran yang awalnya dengan metode ceramah dikembangkan dengan bantuan aplikasi multimedia dan animasi. Dengan sistem pembelajaran ini, membuat pembelajaran fisika lebih bersifat interaktif, sehingga siswa lebih mudah untuk mengerti dan memahami pelajaran ini. Dengan demikian nilai siswa untuk pelajaran ini akan meningkat.

Kata Kunci— Aplikasi, Pembelajaran, Fisika, Multimedia Interaktif, Nilai

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-03-27

Cara Mengutip

Maruloh, M. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS AD DA’WATUL ISLAMIYAH. Jurnal Teknik Informatika, 2(2), 136–142. https://doi.org/10.51998/jti.v2i2.246