PERANCANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51998/jti.v1i1.22Abstrak
Abstract-Learning methods in primary school are still many who use the textbook as a medium of learning, the teacher explain lesson material delivered by reading and memorizing. To Sundanese media lesson lessons like this make students become bored and boring because there is a difference greeting in the letter, therefore, the need for new forms of learning media such as the use of computer technology in the form of interactive animations. Learning methods using interactive learning media can explain the subject matter in the form of a presentation that combines elements of images, text, and sound so that it becomes an interesting interactive animation and media also can be run repeatedly. By using this highly interactive learning media is expected to build student interest.
Â
Intisari— Metode pembelajaran di Sekolah Dasar masih banyak yang menggunakan buku paket sebagai media pembelajarannya, dalam menyampaikan materi pelajarannya guru menjelaskannya dengan cara membaca dan menghafal. Untuk pelajaran Bahasa Sunda media pelajaran seperti ini membuat siswa menjadi merasa jenuh dan membosankan karena ada hal perbedaan ucapan dalam huruf, oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran dalam bentuk baru seperti pemanfaatan teknologi komputer yaitu berupa animasi interaktif. Metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini dapat menjelaskan materi pelajaran dalam bentuk presentasi yaitu menggabungkan unsur gambar, teks, dan suara sehingga menjadi animasi interaktif yang menarik dan juga media ini dapat dijalankan berulang-ulang. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini sangat diharapkan dapat membangun minat belajar siswa
Â
Kata Kunci : animasi, media pembelajaran, bahasa sunda