Desain Business Continuity Plan Teknologi Informasi Mercedes-Benz Dealer di Indonesia : Studi Kasus PT.XYZ

Penulis

  • Riva Abdillah Aziz
  • Dana Indra Sensuse

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v3i2.139

Abstrak

Abstract—Sustainability of a company's business processes is very important for company's development or growth. Companies are required to provide excellent service in all circumstances. But in reality, many factors can affect a business service stops, such as threat and disasters from  internal and ekseternal. To anticipate the disruption of business process services,  a Business Continuity Plan (BCP) is required as a procedure to ensure the process of business service can still be provided to customers. However, to develop a Business Continuity Plan (BCP) a suitable framework is needed as not all the existing frameworks are  suitable for all companies. Therefore, in this study, to find a suitable framework for  PT. XYZ, researchers combine two (2) of the existing frameworks, they are  Sharing Vision and Small Enterprise framework.

 

Intisari— Keberlangsungan suatu proses bisnis sebuah perusahaan adalah hal yang teramat penting bagi kemajuan perusahaan. Perusahaan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima pada semua keadaan. Namun kenyataannya banyak factor yang dapat mempengaruhi sebuah pelayanan bisnis terhenti, salah satu factor tersebut adalah adanya sebuah bencana dan ancaman yang terjadi baik yang datangnya dari internal maupun ekseternal. Untuk mengatasi dan mengantisipasi terganggunya proses pelayanan bisnis kepada para pelanggan dikarenakan terjadinya sebuah bencana ataupun sebuah ancaman dibutuhkan sebuah dokumen Business Continuity Plan (BCP) sebagai sebuah prosedur yang digunakan perusahaan untuk dapat memastikan proses pelayanan bisnis tetap dapat diberikan kepada para pelanggan. Namun untuk menyusun sebuah Business Continuity Plan (BCP) dibutuhkan sebuah framework yang cocok untuk sebuah perusahaan karena tidak semua framework yang ada saat ini cocok digunakan. Oleh karena itu dalam penelitian ini, untuk mencari sebuah framework yang cocok yang akan digunakan di PT. XYZ, peneliti mengkombinasikan 2 (dua) buah framework yang ada, yakni framework Sharing Vision dan framework Industri Kecil.

 

Kata Kunci— Business Continuity Plan BCP, Sharing Vision, Industri Kecil

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-01-12

Cara Mengutip

Aziz, R. A., & Sensuse, D. I. (2018). Desain Business Continuity Plan Teknologi Informasi Mercedes-Benz Dealer di Indonesia : Studi Kasus PT.XYZ. Jurnal Teknik Informatika, 3(2), 87–94. https://doi.org/10.51998/jti.v3i2.139