Implementasi Radius Server untuk Wireless Security Berbasis Mikrotik (Studi Kasus : STMIK Antar Bangsa)

Penulis

  • Linda Linda

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v3i1.132

Abstrak

Abstract - STMIK Antar Bangsa now providing hotspot services that students, staff, faculty can enjoy the internet service provided for free without having to use a network cable (wireless). Security on a hotspot network is very important to keep from the leak of information and data, therefore there needs to be a reliable security system. Mikrotik provides network security system called RADIUS server that authenticates using a username and password, can make it difficult for unauthorized users to break into the network.

 

Intisari - STMIK Antar Bangsa saat ini telah menyediakan hotspot sehingga para mahasiswa, staff, dosen dapat menikmati layanan internet yang disediakan secara gratis tanpa harus menggunakan kabel jaringan (wireless). Keamanan jaringan pada hotspot sangat penting untuk menjaga dari kebocoran informasi maupun data, oleh karenanya perlu ada sistem keamanan yang handal. Mikrotik menyediakan sistem keamanan jaringan yang disebut dengan RADIUS server yang mengotentikasi dengan menggunakan username dan password, dapat menyulitkan user yang tidak sah untuk menerobos masuk ke dalam jaringan.

 

Kata Kunci : Wireless Security, Mikrotik, RADIUS Server.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-06-19

Cara Mengutip

Linda, L. (2017). Implementasi Radius Server untuk Wireless Security Berbasis Mikrotik (Studi Kasus : STMIK Antar Bangsa). Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 61–68. https://doi.org/10.51998/jti.v3i1.132