Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah

Penulis

  • Susy Rosyida

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v3i1.125

Abstrak

Abstract— Vitamins are active substances required by the body and development of children. One source of vitamins that generate a lot of vitamins is a fruit. To Attracting child likes to eat fruit in the existence of an interactive multimedia application to know the vitamins contained in fruit. So that makes children become happy, do not get bored while learning to know the vitamins contained in fruit and can facilitate children at an early age in recognizing the vitamin, the benefits of each type of vitamin and sources of vitamins contained in fruit. This study for the development of software systems using the waterfall model consisting of five stages, namely the analysis of system requirements, design, code generation, testing and maintenance. Creation of multimedia applications using multiple software such as Macromedia Flash 8, Adobe Photoshop CS4 and Action Script. The results of this study explains that this interactive multimedia can introduce vitamins contained in fruit because it can be fun and can add insight to children at an early age or kindergarten students so that children love fruit. Moreover, with an animated display that is appealing, it can also facilitate parents in conveying the material vitamin to children.

 

Intisari— Vitamin adalah zat aktif yang diperlukan oleh tubuh kembang anak. Salah satu sumber vitamin yang menghasilkan banyak vitamin adalah buah. Untuk Menarik minat anak dalam gemar memakan buah maka diperlukan sebuah aplikasi multimedia interaktif untuk mengenal vitamin yang terkandung di dalam buah. Sehingga membuat anak-anak menjadi senang, tidak bosan saat belajar mengenal vitamin yang terkandung di dalam buah serta dapat memudahkan anak-anak pada usia dini dalam mengenal vitamin, manfaat setiap jenis vitamin dan sumber vitamin yang terkandung dalam buah. Penelitian ini untuk pengembangan sistem perangkat lunak menggunakan model waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisa sistem kebutuhan, desain, generasi kode, pengujian dan pemeliharaan. Pembuatan aplikasi multimedia ini menggunakan beberapa software seperti Macromedia Flash 8, Adobe Photoshop CS4 dan Action Script. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa multimedia interaktif ini dapat mengenalkan vitamin yang terkandung di dalam buah karena dapat menyenangkan dan dapat menambah wawasan anak-anak pada usia dini atau siswa taman kanak-kanak sehingga anak-anak menyukai buah. Selain itu, dengan tampilan animasi yang menarik, dapat juga memudahkan orang tua dalam menyampaikan materi vitamin kepada anak.

 

Kata Kunci— Multimedia Interaktif, Vitamin

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-06-19

Cara Mengutip

Rosyida, S. (2017). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.51998/jti.v3i1.125