ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA TK/TPA ISLAM AR - RAHMAH

Penulis

  • Nabila Hizky

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.11

Abstrak

Abstract - Learning methods in education has been growing and moving forward, to the various educational institutions strive to create quality human resources by implementing a variety of learning methods, such as animation-based learning methods. This method is considered especially useful for students in the kindergarten, because they can play while learning. For TK/TPA Islam AR-RAHMAH is necessary to participate in implementing these animation-based learning methods, and for which the author makes the design animated induction Hijaiyah letters to help TK/TPA Islam AR-RAHMAH in achieving its goals. Until now TK/TPA Islam AR-RAHMAH has not introduced computer technology to her students, while at a more advanced times, as now, considered to be essential for the computer technology be introduced to children from an early age. The design of this animation is one of the best ways as a means of introduction of students to computers. And is expected to create quality human resource days ahead.

 

Intisari - Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan sudah berkembang dan semakin maju, untuk itu berbagai institusi pendidikan berupaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dengan menerapkan metode pembelajaran yang beragam, diantaranya metode pembelajaran berbasis Animasi. Metode ini dirasa bermanfaat bagi siswa khususnya di taman kanak-kanak, karena mereka bisa bermain sambil belajar. Untuk itu TK/TPA Islam AR-RAHMAH dirasa perlu untuk ikut menerapkan metode pembelajaran berbasis Animasi ini, dan untuk itulah penulis membuat perancangan animasi interaktif  Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk membantu TK/TPA Islam ARRAHMAH dalam mencapai tujuannya. Sampai saat ini TK/TPA Islam ARRAHMAH belum mengenalkan teknologi komputer kepada murid-muridnya, sedangkan pada jaman yang semakin maju seperti sekarang ini, teknologi komputer dirasa penting untuk dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Perancangan animasi ini merupakan salah satu cara terbaik sebagai sarana pengenalan siswa terhadap komputer. Dan diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa depannya.

 

Kata Kunci : Multimedia, pembelajaran, huruf, hijaiyah, Animasi Interaktif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-12

Cara Mengutip

Hizky, N. (2016). ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA TK/TPA ISLAM AR - RAHMAH. Jurnal Teknik Informatika, 2(1), 73–77. https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.11