Perancangan Jaringan Internet Hotspot, Internet Sehat dan Blokir Iklan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Tangerang

Penulis

  • Naufal Mu'afa STMIK Antar Bangsa
  • Muhammad Nurwakhid
  • Muchlis STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v9i2.521

Abstrak

Jaringan hotspot internet merupakan kebutuhan pokok instansi profesional, termasuk di pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Sebagai langkah keamanan, juga dipasang fitur internet sehat dan blokir iklan pada jaringan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan dan pemasangan jaringan hotspot, internet sehat dan blokir iklan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Perancangan dan pemasangan jaringan hotspot di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC). Pemasangan jaringan hotspot ini juga menggunakan perangkat lunak winbox sebelum internet bisa digunakan. Pemasangan internet sehat dan blokir iklan menggunakan perangkat lunak Adguard Home. Perancangan dan pemasangan jaringan hotspot berhasil. Berdasarkan hasil monitoring jaringan hotspot, jalur vlan2-hotspot-dhuha menunjukkan kecepatan upload sebesar 1800,6 kbps dan download sebesar 38,7 Mbps. Jalur vlan3-hotspot-alikhlas menunjukkan kecepatan upload sebesar 724,3 kbps dan download sebesar 13,5 Mbps. jalur vlan4-hotspot-danau menunjukkan kecepatan upload sebesar 168,2 kbps dan download sebesar 14,6 Mbps. Setelah melakukan monitoring jaringan, yang paling banyak menggunakan bandwith adalah di jalur vlan2-hotspot-dhuha. Pemasangan internet sehat dan blokir iklan berhasil. Berdasarkan hasil monitoring, pengguna komputer yang terkoneksi dengan mikrotik yang membuka situs internet berjumlah 6.178.728 domain, iklan yang diblokir saat pengguna komputer membuka situs internet berjumlah 1.679.115 domain, virus yang diblokir saat pengguna komputer membuka situs internet berjumlah 248 domain, dan domain konten dewasa yang diblokir saat pengguna komputer membuka situs internet berjumlah 1.294 domain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Naufal Mu'afa, STMIK Antar Bangsa

Naufal Mu’afa. Jakarta, 28 Mei 1996.  sedang menempuh pendidikan jenjang S1 Teknik Informatika di STMIK Antar Bangsa. Sedang bekerja di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an sebagai IT Support.

Muhammad Nurwakhid

Lahir pada tanggal 04 April 2001.  sedang menempuh pendidikan jenjang S1 Teknik Informatika di STMIK Antar Bangsa. Dua tahun terakhir bekerja sebagai Junior Agricultur Development

Muchlis, STMIK Antar Bangsa

Muchlis. Lahir di Tangerang, 05 Mei 1986. Gelar SarjanaKomputerdidapat padaJurusan Teknik Informatika di Universitas Pamulangpada tahun 2013. Tahun 2018 lulus program Pasca Sarjana Ilmu Komputer di STMIK Nusa Mandiri. Saat ini menduduki posisisebagai Kepala Divisi Pengelolaan Sistem Informasi & Teknologi dan Kepala Program Studi Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa.

Diterbitkan

2023-08-30

Cara Mengutip

Naufal Mu’afa, Muhammad Nurwakhid, & Muchlis. (2023). Perancangan Jaringan Internet Hotspot, Internet Sehat dan Blokir Iklan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 67–76. https://doi.org/10.51998/jti.v9i2.521