PENGARUH KUALITAS GRUP FACEBOOK TERHADAP KEPUASAN BAGI PENGGUNA

Penulis

  • Lusa Indah Prahartiwi STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Arfhan Prasetyo AMIK BSI Bogor
  • Lestari Yusuf STMIK Nusa Mandiri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v1i2.402

Abstrak

Abstract—Community needs for information, instant access and the community is an important factor of life of all people. It makes a lot of people are looking for ways to become more efficient communication process. One of the technologies in terms of communication is the creation of a social network. One of the social networking sites are very popular is Facebook. Through facebook users can interact with other users either individually or in groups. For user interaction with the group, the developers created a facebook features facebook group. The number of people who join a facebook group because of these features has the qualities that make people interested and keen to join the group. End-user satisfaction can be used as one measure of the success of this facebook feature. This study used quantitative methods with simple linear regression analysis. Respondents who serve as research object numbered 34 people. Based on the correlation coefficient, normality test and test of significance, the variable quality of the facebook group has a very strong influence positive and significant impact on user satisfaction.

Intisari— Kebutuhan masyarakat akan informasi, akses cepat dan komunitas menjadi faktor penting dari kehidupan semua orang. Hal itu yang membuat banyak orang mencari cara agar proses komunikasi menjadi lebih efisien. Salah satu teknologi dalam hal komunikasi adalah terciptanya sebuah jejaring sosial. Salah satu situs jejaring sosial yang sangat terkenal adalah Facebook. Melalui facebook pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain baik secara individu maupun kelompok. Untuk interaksi pengguna dengan kelompok, pihak pengembang facebook menciptakan fitur grup facebook. Banyaknya orang yang bergabung ke dalam sebuah grup facebook tentu dikarenakan fitur tersebut memiliki kualitas yang membuat orang berminat dan tertarik bergabung ke dalam sebuah grup. Kepuasan pengguna akhir dapat dijadikan sebagai salah satu ukuran keberhasilan dari fitur facebook ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa regresi linier sederhana. Responden yang dijadikan sebagai objek penelitian berjumlah 34 orang. Berdasarkan koefisien korelasi, uji normalitas dan uji signifikansi, variabel kualitas grup facebook mempunyai pengaruh yang sangat kuat positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-18

Cara Mengutip

Lusa Indah Prahartiwi, Arfhan Prasetyo, & Lestari Yusuf. (2021). PENGARUH KUALITAS GRUP FACEBOOK TERHADAP KEPUASAN BAGI PENGGUNA. Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 199–206. https://doi.org/10.51998/jti.v1i2.402