Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Adat dan Budaya Pulau Sumatera Berbasis Multimedia

Penulis

  • Marzuki Marzuki

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v5i1.306

Abstrak

Abstract— Culture is one that contains important and fundamental values that are passed down from generation to generation. This inheritance must be preserved so that it cannot be learned and preserved by the next generation. Indonesia is a country rich in various cultures in it. Each region in Indonesia has distinctive characteristics from traditional musical instruments, traditional clothing, traditional weapons, traditional houses and traditional dances. During this time a teacher spoke material by conducting lectures and book media. This causes students difficulties in taking and difficulties in material. Today's learning paradigm has shifted from traditional learning to new learning. Today's technological advances motivate teachers to deliver learning material through learning media. One way to deliver through technology media is to create multimedia-based applications. The purpose of this research is to make an application to introduce some of the customs and culture of the island of Sumatra based on interactive multimedia.

 

Intisari— Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak hilang sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan berbagai macam budaya didalamnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda dari alat musik tradisional, pakaian adat, senjata tradisional, rumah adat dan juga tarian tradisional. Selama ini seorang pengajar mengajarkan materi dengan melakukan ceramah dan media buku. Hal ini yang menyebabkan siswa kesulitan dalam mengingat dan memahami bahan materi. Paradigma pembelajaran dewasa ini telah bergeser dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran baru. Kemajuan teknologi masa kini memotivasi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui media pembelajaran. Salah satu cara penyampaian melalui media teknologi adalah dengan membuat aplikasi berbasis multimedia. Tujuan penelitian ini membuat sebuah aplikasi untuk memperkenalkan beberapa  adat dan budaya pulau sumatera secara interaktif berbasis multimedia.

 

Kata Kunci— Adat, Budaya, Media Pembelajaran, Sumatera

Multimedia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-02-14

Cara Mengutip

Marzuki, M. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Adat dan Budaya Pulau Sumatera Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.51998/jti.v5i1.306