Pengajaran Enterprise Resource Planning Dengan Metode Experiential Learning

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v5i1.305

Abstrak

Abstract— The study aims to determine how much influence Experiential Learning has on learning ERP (Enterprise Resource Planning) in a High School by comparing students in learning given learning using Experiential Learning with students who are not given Experiential Learning. In this learning process the Experiential Learning method is applied in ERP courses where the process is adjusted to the real process in a company which includes simulations using open-source ERP Odoo. Before carrying out the Experiential Learning process, the pretest process is carried out before the two mahasista groups and after the simulation process, posttest is then performed. From the results of the pre and post test data processing was performed using the normality test and t test. Based on the processing of the data it can be concluded that the Experiental Learning method is more effective than the conventional method. In higher education in particular, this experience-based method needs to be implemented so that students can better understand ERP not only in terms of theory but also students can practice ERP process directly into the software.

 

Intisari—Penelitian bertujuan untuk mengetahu berapa besar pengaruh Experiental Learning terhadap pembelajaran ERP (Enterprise Resource Planning) pada sebuah Sekolah Tinggi dengan membandingkan antara mahasiswa dalam belajar yang diberi pembelajaran menggunakan Experiental Learning dengan mahasiswa yang tidak diberikan pembelajaran Experiental Learning. Dalam proses pembelajaran ini metode  Experiental Learning diterapkan dalam mata kuliah ERP  dimana prosesnya disesuaikan dengan proses real dalam sebuah perusahaan yang meliputi simulasai-simulasi dengan menggunakan ERP Odoo sumber terbuka. Sebelum melakukan proses Experiental Learning dilakukan proses pretest terlebih dahulu terhadap dua kelompok mahasista tersebut dan setelah proses simulasi, kemudian dilakukan posttest. Dari hasil pre dan post test dilakukan pengolahan data menggunakan uji normalitas dan uji t. Berdasarkan pengolahan data tersebut disimpulkan bahwa metode Experiental Learning lebih efektif dibanding metode konvensional. Di perguruan tinggi khususnya, metode berbasis pengalaman ini perlu diterapkan agar peserta didik dapat lebih memahami ERP tidak hanya dari sisi teori namun juga mahasiswa dapat mempraktekkan langsung proses ERP ke dalam perangkat lunaknya.

 

Kata Kunci— Enterprise Resource Planning, Model Experintal Learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-02-14

Cara Mengutip

Pengajaran Enterprise Resource Planning Dengan Metode Experiential Learning. (2019). Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 66–70. https://doi.org/10.51998/jti.v5i1.305