MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN DALAM BAHASA ARAB DI DAARUL QUR’AN I’DAAD PRIMARY SCHOOL FOR GIRL

Penulis

  • Nunung Nurasiah
  • Mirza Ardian Prasetya

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.8

Abstrak

Abstract - Arabic is one of the two compulsory foreign languages learned in Boarding School Tahfidz Daarul Qur’an I’daad Primary School for Girls. Both used not only in daily conversation, also to understand the contents of the Qur'an. For that, it needs an effective and interesting learning Arabic to make it be easier to understood and liked by all the students who almost are children of elementary school age. Data collection methods in this study using field studies, which include observation and interviews, as well as literature. In building this system, the authors use an object-oriented system design. As for the design, the system used is a storyboard. The programming language used is Adobe Flash CS5 and Actionscript 3. With this interactive media, we expected to be much easier for teachers to teach and to help students understand the lesson, so that maximum learning objectives can achieved.  

Intisari - Bahasa Arab merupakan salah satu dari dua bahasa asing yang wajib di pelajari di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an I’daad Primary School for Girl. Digunakan baik dalam percakapan sehari-hari, juga untuk memahami isi kandungan Al-Qur’an. Untuk itulah, perlu pembelajaran yang efektif dan menarik agar Bahasa Arab lebih mudah untuk dipahami dan disukai oleh siswa yang semuanya adalah anak-anak usia SD. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan, yang meliputi: observasi dan wawancara, serta studi pustaka. Dalam membangun sistem ini, penulis menggunakan rancangan sistem berorientasi objek. Sedangkan untuk desain, sistem yang digunakan adalah storyboard. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Adobe Flash CS5 dan Actionscript 3. Dengan adanya media interaktif  ini, diharapkan agar bisa lebih memudahkan guru dalam mengajar dan juga untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran yang maksimal bisa tercapai.

Kata kunci : Bahasa Arab, I’daad, Media Interaktif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-12

Cara Mengutip

Nurasiah, N., & Prasetya, M. A. (2016). MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN DALAM BAHASA ARAB DI DAARUL QUR’AN I’DAAD PRIMARY SCHOOL FOR GIRL. Jurnal Teknik Informatika, 2(1), 51–57. https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.8