PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS DI PPPA DAARUL QUR’AN MENGGNAKAN MIKROTIK ROUTER OS

Penulis

  • Minarsih Minarsih

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.6

Abstrak

Abstrak - PPPA Daarul Quran is a management institutions alms which there are many pilgrims and donor databases that must be kept confidential. It required a secure wireless network. Wireless networks are also needed to access social media as a means of preaching. It often happens that a slow internet connection due to the incompatibility of the amount of usage with available bandwidth so that the work be delayed. It required a wireless network with a bandwidth corresponding to the number of users. In the design of wireless networks, the writer will use the Mikrotik Router OS for network configuration. With Mikrotik Router, PC-based Intel / AMD is able to perform the functions of a router, firewall, bandwidth settings and many other functions. The author will set the bandwidth according to employee category according to the portion of employees work itself. The author will also use the User Login system for this wireless network security. Moreover, I also will implement Bypass system for computers connected by a cable. That way only people who are entitled to access the internet.

Intisari - PPPA Daarul Quran adalah sebuah lembaga pengelola sedekah dimana didalamnya terdapat banyak database jamaah dan donatur yang harus dijaga kerahasiaannya. Untuk itu diperlukan jaringan wireless yang aman.  Jaringan wireless juga dibutuhkan untuk mengakses sosial media sebagai salah satu sarana berdakwah. Seringkali terjadi koneksi internet yang lambat karena tidak sesuainya jumlah pemakaian dengan bandwidth yang tersedia sehingga pekerjaan menjadi tertunda. Untuk itu diperlukan jaringan wireless dengan bandwidth yang sesuai dengan jumlah pemakai. Dalam perancangan jaringan wireless ini penulis akan menggunakan Mikrotik Router OS untuk konfigurasi jaringan. Dengan Mikrotik Router, PC berbasis intel/AMD mampu melakukan fungsi router, firewall, pengaturan bandwidth dan masih banyak fungsi lainnya. Penulis akan mengatur bandwidth sesuai dengan kategori karyawan sesuai porsi pekerjaan karyawan itu sendiri. Penulis juga akan menggunakan sistem Login User untuk keamanan jaringan wireless ini. Selain itu penulis juga akan menerapkan sistem Bypass untuk komputer yang tersambung dengan kabel. Dengan begitu hanya orang yang berhak saja yang bisa mengakses internet.

Kata kunci : Wireless, Mikrotik, Router, Bandwidth

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-12

Cara Mengutip

Minarsih, M. (2016). PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS DI PPPA DAARUL QUR’AN MENGGNAKAN MIKROTIK ROUTER OS. Jurnal Teknik Informatika, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.6