RANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS BENUA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU ATTAQWA 01 BEKASI

Penulis

  • Muhammad Muharrom
  • Herlawati Herlawati

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v1i1.17

Abstrak

Abstract— In today's technological developments will need more and more information. Therefore, many emerging media in disseminating information. One of the medium to deliver multimedia information is through learning. The purpose of this learning system is to help elementary school students to learn the typical diversity of animals on a continent. The content presented is simple materials. There are also exercises to test students' understanding of this matter and also to provide entertainment games in learning. In addition, multimedia can also help teachers convey the introduction of animal material more easily and learn the typical continental animal needs to be a way or strategy that can help students learn. To attract attention, is necessary to create a situation that makes the class the students are motivated to learn. One way is to use teaching aids or media when teachers teach. The rapid advances in technology, especially information technology encourages people to develop media that can be used anytime and anywhere. Animation aims to provide an introduction to and knowledge about the animals that became typical of a continent. Introduction of interactive animations unique to this continent created using Adobe Flash CS4 software is equipped with animated material so it can be used as teaching aids.

 

Intisari— Dalam perkembangan teknologi sekarang ini kebutuhan akan informasi semakin banyak. Oleh sebab itu banyak bermunculan media-media dalam penyampaian informasi. Salah satu media penyampaian informasi tersebut adalah melalui multimedia pembelajaran. Tujuan dari sistem pembelajaran ini adalah untuk membantu para siswa Sekolah Dasar untuk mempelajari keanekaragaman khas hewan pada sebuah benua. Isi yang disampaikan merupakan materi-materi yang sederhana. Terdapat juga latihan soal untuk menguji pemahaman siswa tentang materi ini dan juga permainan untuk memberikan hiburan dalam belajar. Selain itu multimedia ini juga dapat membantu guru menyampaikan materi pengenalan hewan dengan lebih mudah dan mempelajari hewan khas benua perlu adanya cara atau strategi yang dapat memudahkan siswa dalam belajar. Untuk menarik perhatian, perlu diciptakan situasi kelas yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan alat bantu mengajar atau media ketika guru mengajar. Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Animasi ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang hewan-hewan yang menjadi khas pada sebuah benua. Animasi interaktif  pengenalan hewan khas benua ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS4 yang dilengkapi dengan animasi materi sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar.

 

Kata Kunci: Hewan Khas Benua, Multimedia, Animasi Interaktif, Media Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-13

Cara Mengutip

Muharrom, M., & Herlawati, H. (2016). RANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS BENUA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU ATTAQWA 01 BEKASI. Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.51998/jti.v1i1.17