PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN HURUF DAN ANGKA PADA TKQ ATTAUFIQ

Penulis

  • Desi Zuliyanti
  • Andi Meza

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.13

Abstrak

Abstract - In the educational world, computer can be used as a medium for delivering course material for students in this toddler-age (3-5 years old) child is learning the system as alternative media. To facilitate the delivery of material to, then the education given in the form of a multimedia package that is to learn and play. Application of interactive learning letters and numbers in TKQ ATTAUFIQ is designed to provide convenience for infants in the study by serving interactive display applications and learn to attract toddlers. Based on the research that has been done, we concluded that the existence of multimedia applications is learning letters and numbers, other than to assist and facilitate the learning process more effective and attractive also can serve as alternative media other than props. This application can also develop the interest, imagination and motivation of young children to learn and recognize letters and numbers.

Intisari - Didalam dunia pendidikan, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran kepada anak didik usia dini (3-5 tahun) yang digunakan sebagai media alternative sistem pembelajaran. Untuk memudahkan penyampaian materi, maka pendidikan yang diberikan dikemas dalam bentuk multimedia yang bersifat belajar dan bermain. Aplikasi pembelajaran interaktif huruf dan angka pada TKQ ATTAUFIQ ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam pembelajaran dengan sajian tampilan aplikasi yang interaktif dan menarik minat belajar anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi multimedia pembelajaran huruf dan angka ini, selain dapat membantu dan mempermudah proses belajar yang lebih efektif dan menarik juga dapat digunakan sebagai media alternative selain alat peraga. Aplikasi ini juga dapat menumbuhkembangkan minat, imajinasi dan motivasi anak-anak untuk belajar dan mengenal huruf dan angka.

 

Kata Kunci : Animasi Interaktif, Pembelajaran, Huruf, Angka

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-12

Cara Mengutip

Zuliyanti, D., & Meza, A. (2016). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN HURUF DAN ANGKA PADA TKQ ATTAUFIQ. Jurnal Teknik Informatika, 2(1), 84–91. https://doi.org/10.51998/jti.v2i1.13