ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN SOPP TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DENGAN PENDEKATAN TAM

Penulis

  • Amanda Tienisya Raharjo
  • Arfhan Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v5i2.99

Abstrak

Abstract— This study aims to determine (1) Effect of Perceived Ease of Use SOPP on Job Satisfaction and (2) Effect of Perceived Usefulness SOPP on Job Satisfaction. This research is a quantitative study using a model approach to the Technology Acepptance Model (TAM) conducted in PT. Pos Indonesia (Persero) Fatmawati. The samples used were all employees of post offices that use or operate the System Online Payment Point (SOPP), which number 60 people were determined using Non-probability Sampling with saturated sampling. Data collection techniques using questionnaires/ questionnaire. Data were analyzed using Classical Assumption Test and Testing Hypotheses which consists of Multiple Linear Regression Testing. The result showed that (1) Ease of use SOPP perception variables have a significant impact on job satisfaction shown by the regression coefficient which shows the number of variables (7.691) and has a significance of 0.000 (less than 0.05), (2) variable SOPP not perceived usefulness has a significant influence on job satisfaction shown by the regression coefficient variable that shows the number (1.255) and has a 0.215 significance (greater than 0.05). Obtained independent variables (perceived ease of use and perceived usefulness) jointly affect the dependent variable (job satisfaction) of 0.591 or 59.1%. With the contribution of each variable that is equal to 50.9% X1 and X2 is 26%. The coefficient of determination (R Square) of 0.591, or 59.1% which means that job satisfaction can be explained by the perception of ease of use and perceived usefulness amounted to 59.1%.

Intisari— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan SOPP terhadap Kepuasan Kerja, dan (2) Pengaruh Persepsi Kegunaan SOPP terhadap Kepuasan Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Fatmawati. Sampel  yang digunakan adalah seluruh pegawai kantor pos yang menggunakan atau mengoperasikan System Online Payment Point (SOPP) yang berjumlah 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan metode Non-probability Sampling dengan Sampling Jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Variabel persepsi Kemudahan penggunaan SOPP memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap Kepuasan kerja ditunjukan dengan koefisien regresi variabel yang menunjukan angka (7,691) dan mempunyai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), (2) Variabel persepsi Kegunaan SOPP tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan kerja ditunjukan dengan koefisien regresi variabel yang menunjukan angka (1,255) dan mempunyai signifikansi 0,215 (lebih dari 0,05). Didapat variabel independen (persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan) secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen (kepuasan kerja) sebesar 0,591 atau 59,1%. Dengan sumbangan dari masing-masing variabel yaitu X1 adalah sebesar 50,9% dan X2 adalah sebesar  26%. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,591 atau 59,1% yang berarti bahwa Kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh variabel persepsi Kemudahan penggunaan dan persepsi Kegunaan adalah sebesar 59,1%.

 

Kata Kunci- Technology Acceptance Model (TAM), SOPP, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-02-20