Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online

Penulis

  • Susy Rosyida

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v6i2.141

Abstrak

Abstract—This research is to know the utilization of internet technology in online shopping. This research method is explanatory research with quantitative approach. Data in this research that is primary data and secondary data, primary data that is used that is by spreading questioner to respondent of internet user in doing onlne or e-commerce shopping whereas secondary data used is from report, journal and literature relevant. By using the Technology Acceptance Model (TAM) variables used are usability, ease, attitude, intense and the use of online transactions or online shopping or use of e-commerce. The results show that ease has a significant influence on usability, ease, attitude, intensity and usage with the utilization of internet technology as a technology for conducting online transactions or shopping online or using e-commerce. Variable usability, convenience, attitudes have the most dominant influence on intense and usage in using e-commerce.

 

Intisari— Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan teknologi internet dalam berbelanja online. Metode penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden pengguna internet dalam melakukan belanja onlne atau e-commerce sedangkan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan literatur-literatur yang relevan. Dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) variabel yang digunakan yaitu kegunaan, kemudahan, sikap, intens dan penggunaan melakukan transaksi secara online atau berbelanja online atau penggunaan e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kegunaan, kemudahan, sikap, intens dan penggunaan dengan pemanfaatan teknologi internet sebagai teknologi untuk melakukan transaksi secara online atau berbelanja online atau penggunaan e-commerce. Variabel kegunaan, kemudahan, sikap memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap intens dan penggunaan dalam menggunakan e-commerce.

 

Kata kunci :Internet, Technology Acceptance Model dan E-Commerce

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-11-08