Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jasa Pengiriman dengan Metode Analytical Hierarchy Proses (AHP)
Abstrak
Pemilihan jasa pengiriman biasanya dilakukan untuk mengetahui estimasi waktu, jaminan keamanan, akses tracking, jangkauan area, dan customer service. Peran jasa pengiriman sebagai sarana menjadi tumpuan utama dalam menyalurkan barang hingga sampai ke tempat tujuan dengan benar dan cepat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana membuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan pemilihan jasa pengiriman dan melakuan perankingan dari hasil perhitungan bobot nilai jasa pengiriman dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui jasa pengiriman yang mana yang banyak dipilih sesuai dengan kriterianya. Berdasarkan perankingan dalam Sistem Pendukung Keputusan Jasa Pengiriman Metode AHP didapat hasil dari perhitungan kriteria-kriteria yaitu, peringkat pertama adalah J&T Express dengan nilai 0.47043, peringkat kedua adalah JNE dengan nilai 0.31269, peringkat ketiga adalah SiCepat dengan nilai 0.14988, dan peringkat keempat adalah Anteraja dengan nilai 0.0670
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Adzikra Tazkiya Qurrota'ayun, Bela Septina Mukty, Nur Fitri Amalia, Sherly Amelia Putri, Yola Nabilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.