Implementasi Metode SMART pada Pemilihan Penerima Beasiswa Aktivis Mahasiswa Bogor

Penulis

  • Naufa Fitrianingrum STMIK Antar Bangsa
  • Kusuma Hati
  • annur Fajri STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v13i2.538

Abstrak

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang berdampak akibat pandemi covid 19, terutama terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT). Banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar UKT inilah maka dari beberapa pihak dan donatur bekerjasama dengan yayasan untuk mengatasi permasalahan ini dengan membuka jalur pendaftaran baru beasiswa dengan alur pendaftaran manual. Inilah permasalahan baru yang membuat staff mengalami kesulitan dalam menentukan penerima beasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa dan memakan banyak waktu. Dalam permasalahan yang terjadi di atas, maka di buat sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa Aktivis bagi Mahasiswa Bogor yang akan membantu baik dalam proses penginputan data berkas pendaftar beasiswa maupun proses penentuan penerima beasiswa mahasiswa aktivis dengan menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Techique (SMART). Sistem yang dibuat dapat dikatakan layak di gunakan karena hasil rekomendasi sudah sesuai harapan pengguna dan proses penginputan data berkas pendaftar beasiswa dan proses penyeleksian beasiswa menjadi lebih efektif dan efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Naufa Fitrianingrum, STMIK Antar Bangsa

Lahir di Boyolali tahun 1999. Lulus Sarjana Komputer program studi Sistem Informasi di STMIK Antar Bangsa pada tahun 2022. Aktif dalam kegiatan dakwah kemahasiswaan dan Sahabat Bangun Negeri (SBN) Foundation.   

annur Fajri, STMIK Antar Bangsa

Lahir di Taluk Kuantan pada tahun 1977. Lulus Sarjana Pendidikan Agama Islam di UNIDA Gontor pada tahun 2002. Lulus Magister Educational Administration di International Islamic University Malaysia (IIUM) pada tahun 2012. Pada tahun 2019 lulus program Doktoral Magister Educational Administration di International Islamic University Malaysia (IIUM) juga. Saat ini aktif sebagai Dosen Tetap di STMIK Antar Bangsa. Aktif juga sebagai peneliti dan penulis jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Aktif juga sebagai pengurus di Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI).

Diterbitkan

2023-08-28