Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan

Penulis

  • Muhammad Bisyri STMIK Antar Bangsa
  • Aji Santoso STMIK Antar Bangsa
  • Maryati STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v13i2.536

Abstrak

Perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi dapat dirasakan misalnya di bidang pengembangan ilmu pengetahuan, di bidang ekonomi, pendidikan, politik, dan segala bidang kehidupan lainnya. Sehingga menjadi menarik untuk lebih mengkaji pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia, khususnya di bidang pendidikan. Hal ini dimaksudkan agar keberadaan teknologi informasi dan komunikasi benar-benar dapat diwujudkan dan dirasakan oleh masyarakat luas, dan pada saat bersamaan diharapkan dapat meminimalisir akibat negatif dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi. Pendidikan diakui sebagai instrumen terpenting dalam perubahan sosial serta ekonomi. Peningkatan mutu pendidikan dan perluasan kesempatan belajar termasuk masalah pokok yang dihadapi oleh negara-negara di Asia Tenggara, dan ICT diyakini sebagai salah satu cara yang strategis dalam mengatasi masalah tersebut. Pada hakikatnya TIK adalah hasil dari proses pengajaran ilmua pengetahuan dan teknologi. Keberadaannya sebagai buah dari pendidikan, pada perkembangannya memberikan sumbangan besar dan pengaruh besar dalam pelaksanaan pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari banyak praktek pendidikan yang bahkan sepertinya menggantungkan kepada keberadaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhammad Bisyri, STMIK Antar Bangsa

Muhammad Bisyri,

Menyelesaikan studi sarjana pada Fakultas Tarbiyah UIN Malang pada 2008. pada tahun 2020 merampungkan studi magister dengan konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam di PTIQ Jakarta. Selain menjadi narasumber dalam bidang Manajemen Pendidikan dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), ia juga menulis artikel  ilmiah antara lain: Strengthening Quranic Education through The Quran Teacher Professional Certification; Pelestarian Tradisi Sanad Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an. Juga menulis buku di antaranya: Buku Kaidah DAQU: Metode Praktis Membaca Al-Qur'an; Buku DAQU Method, dan lain-lain.

Aji Santoso, STMIK Antar Bangsa

Aji Santoso, Lulus dari Program Strata Satu (S1) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pancasakti Tegalpada tahun 2018. Lulus dari Program Strata Dua (S2) Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2021. Saat ini aktif sebagai Dosen Tetap di STMIK Antar Bangsa, aktif sebagai peneliti dan penulis jurnal ilmiah

Maryati, STMIK Antar Bangsa

Hj. Maryati, S.Ag, M.Ag,  Lulus Dari Program Strata Satu  (S1) jurusan kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Tahun 2001 Dan Strata Dua (S2) PascaSarjana Program Studi Magister  Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta Pada Tahun 2019. Saat ini Aktif Sebagai Dosen di STMIK Antar Bangsa Dan aktif sebagai Peneliti Dan Penulis Jurnal.

Diterbitkan

2023-08-28