Efektivitas NataKelas Selama Pandemi Covid-19 Sebagai Media Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.51998/jsi.v11i1.462Abstrak
Abstract—The COVID-19 pandemic has disrupted the conventional learning process. So a solution is needed to answer this problem. Online learning is one alternative that can overcome this problem. The purpose of the study was to obtain an overview of the implementation of online learning as an effort to suppress the spread of covid-19 in schools using the NataClass application. The results showed that teachers and students used the NataKelas application as a learning medium during the pandemic on a regular basis according to the face to-face learning schedule, but the supervision of learning from parents was still lacking even though it had been prepared in the NataKelas application.
Intisari— Pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu pilihan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran daring sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran covid-19 di Sekolah dengan menggunakan aplikasi NataKelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan murid menggunakan aplikasi NataKelas sebagai media pembelajaran selama masa pandemi secara rutin sesuai dengan jadwal pembelajaran tatap muka, namun pengawasan pembelajaran dari orangtua masih kurang walaupun sudah di siapkan di aplikasi NataKelas.
Kata Kunci— Covid-19, Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran, NataKelas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aryo Tunjung Kusumo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.