Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall

Penulis

  • Aryo Tunjung Kusumo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Vito Triantori STMIK Nusa Mandiri
  • Ishak Komarudin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2.422

Abstrak

Intisari— Informasi dengan cepat telah menjadi ciri khas di era globalisasi ini, berkat kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan. Informasi dan teknologi dapat membangun zaman yang. Smooth-tee merupakan toko yang menjual baju masih beroperasi menggunakan cara konvensional, dilihat dari cara promosi penjualannya, pengolahannya data pesanan masih tercatat secara manual dan hal ini tentunya akan menghambat perkembangan perusahaan untuk mendapatkan informasi tentang data pesanan, memungkinkan adanya salah perhitungan, kehilangan data, atau rusak karena tidak adanya pencadangan data arsip manual. Dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk merancang sistem informasi berbasis web. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan waterfall. Aplikasi yang dibuat menggunakan MySQL untuk database dan pemrograman PHP sebagai alat bantuk pembuatan sistem informasi tersebut. Desain sistem informasi penjualan bertujuan untuk merespon kebutuhan informasi cepat untuk pengguna secara cepat, tepat dan efektif.

Kata Kunci— Sistem Informasi, Penjualan, Waterfall, PHP, Codeigniter

Referensi

[1] G.W. Sasmito. Penerapan Metode Waterfall Pada Desain. Jurnal Pengembangan IT, Volume 2, No. 1, p. 8, 2017.

[2] J. Hutahean. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

[3] K. Yuliana, "Analisa Sistem Informasi Dan Pengembalian Buku Perpustakaan Pada SMA Nusantara," STMIK Raharja Jurusan Sistem Informasi, p. 48, 2018.

[4] T. Sutabri. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2012

[5] R. A. S and M, Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2016.

[6] Atom, "Activity Diagram," Studi Pustaka, 12 10 2019. [Online]. Available: webstudi.site/2019/11/ActivityDiagram.html. [Accessed 12 10 2019].

[7] Fajar Hariadi and Sukadi, "Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Dasar Negeri ukaharjo Pacitan," Indonesian Journal on Networking and Security, p. 1, 2013

[8] N. Fatimah and Yandria Elmasari, "Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Untuk Sunan," JIP(Jurnal Ilmiah dan
Penelitian Informasi, vol. 03, no. 02, p. 130, 2018

[9] D. PuspitaSARI, "Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, o. No.1, p. 228, 2016.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-23