Sistem Informasi Manajemen Data Pasien Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Curug

Penulis

  • Isnaeni Siktin Kusuma Desi STMIK Antar Bangsa
  • Syarifuddin STMIK Antar Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v8i2.375

Abstrak

Abstract— The quality of service in health services is very important to be considered, because the importance of service quality is to meet the needs and desires of patients, which can produce patient confidence which is an indicator of the success of the delivery of health services. While the use of technology is also very important as a means of increasing patient care. In the Technical Implementation Unit (UPT) of Curug Puskesmas, there are obstacles due to the recording of patient data that starts from the registration process until the preparation of patient registration reports is done by recording and there are piles of paper stored on storage shelves, so that errors often occur and when parties puskesmas need patient data, it takes a long time to find where the data is stored. Another problem arises when many patients come for treatment and have to queue to fill out the registration form or the patient visit form. So we need a computerized system and a system that can provide information about UPT. Puskesmas Curug to patients or the general public online.

Intisari— Kualitas pelayanan pada jasa kesehatan sangat penting diperhatikan, karena pentingnya kualitas pelayanan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien, yang dapat menghasilkan kepercayaan pasien yang menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Sedangkan penggunaan teknologi juga sangat penting dilakukan sebagai sarana dalam peningkatan pelayanan terhadap pasien. Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Curug, terdapat kendala karena pencatatan data-data pasien yang dimulai dari proses pendaftaran sampai pembuatan laporan pendaftaran pasien dilakukan dengan dicatat dan terdapat tumpukan kertas yang disimpan pada rak-rak penyimpanan, sehingga kerap terjadi kesalahan dan ketika pihak puskesmas membutuhkan data-data pasien, perlu waktu yang cukup lama untuk mencari dimana data tersebut di simpan. Masalah lain muncul ketika banyak pasien yang datang untuk berobat dan harus mengantri untuk mengisi form pendaftaran atau form kunjungan pasien. Sehingga dibutuhkan sistem yang terkomputerisasi dan sistem yang dapat memberikan informasi mengenai UPT. Puskesmas Curug kepada pasien ataupun masyarakat umum secara online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-16