Evaluasi Implementasi Knowledge Management System Penerapan E-Learning di Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Adelia Alvi Yana STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Astrilyana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nunung Hidayatun Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sinta Nurhayati Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v8i2.372

Abstrak

Abstract— Knowledge Management system is an organization of knowledge that is owned by individuals in an organization. With Knowledge Management, an individual's knowledge will become an organization's knowledge so that it is beneficial for an organization. With the many Knowledge Management systems that have been implemented in several organizations in Indonesia, the researchers want to evaluate the implementation of Knowledge Management systems in the learning process by e-learning in public high schools. The background of this study is to analyze the evaluation of learning outcomes in e-learning as a medium in the learning process in public high schools. In this study, using the model applied by Tiwana regarding the implementation of knowledge management by referring to the evaluation phase based on the measurement of performance evaluation. The research method used is quantitative evaluative with purposive sampling technique.

Intisari— Knowledge Management system adalah suatu pengorganisasian pengetahuan yang dimiliki oleh individu dalam sebuah organisasi. Dengan Knowledge Management suatu pengetahuan yang dimiliki individu akan dapat menjadi pengetahuan organisasi sehingga bermanfaat bagi suatu organisasi. Dengan banyaknya sistem Knowledge Management yang telah diterapkan dibeberapa organisasi di Indonesia, maka peneliti ingin mengevaluasi implementasi Knowledge Management system proses belajar mengajar secara e-learning di sekolah menengah umum. Latar belakang penelitian ini adalah menganalisa evaluasi hasil pembelajaran dalam e-learning sebagai media dalam proses belajar mengajar di sekolah menengah atas (SMA PGRI Bekasi). Dalam penelitian ini, menggunakan model yang diterapkan Tiwana mengenai implementasi knowledge management dengan mengacu pada tahap evaluasi yang berdasarkan pada pengukuran evaluasi kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif evaluative dengan teknik pengambilan sampel purposive.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-16