Rancang Bangun Aplikasi Administrasi Rawat Jalan pada Klinik Berbasis Dekstop

Penulis

  • Resti Lia Andharsaputri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nurul Afni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Minda Septiani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v8i2.370

Abstrak

Abstract—Services in the health sector at a clinic must be done quickly, swiftly, agile, and give the best. The best service is not only seen in terms of the performance of its human resources, but also in terms of the use of technology. Utilizing increasingly developing technology will facilitate human performance in general and clinic employees in particular to obtain, manage and store data and information needed. Administration of outpatient services at the Islamic Medical Service clinic uses a system that is still manual, for example in the case of recording patient data, registration, doctor's examination, payment, taking drugs until making reports. This allows the occurrence of obstacles or human error during operations such as long queues, waiting too long, recording data that takes a long time, delay in delivery of information to reports that are not accurate in its manufacture. The purpose of this study is to make an application for desktop-based outpatient administration that can facilitate the operation of outpatient administration at this STI clinic. In making this application, the system development method used is Waterfall, the application program uses the Delphi 7 programming language and Microsoft Access 2007 as its database. The results of this study are an outpatient administration application program that can assist clinic staff in operating outpatient services ranging from registration, inspection, payment to report making so as to improve employee performance to be more effective and efficient.

Intisari— Pelayanan dalam bidang kesehatan pada sebuah klinik harus dilakukan dengan cepat, sigap, tangkas, dan memberikan yang terbaik. Pelayanan yang terbaik tidak hanya dillihat dari sisi kinerja sumber daya manusianya saja, tetapi juga dilihat dari sisi pemanfaatan teknologi. Memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang akan memudahkan kinerja manusia pada umumnya dan karyawan klinik pada khususnya untuk mendapatkan, mengelola serta menyimpan data-data dan informasi yang dibutuhkan. Administrasi rawat jalan pada klinik Islamic Medical Service ini menggunakan sistem yang masih manual, sebagai contoh dalam hal pencatatan data pasien, pendaftaran, pemeriksaan dokter, pembayaran, pengambilan obat sampai pembuatan laporan. Hal ini memungkinkan terjadinya kendala-kendala ataupun human error selama operasional berlangsung seperti antrian panjang, menunggu terlalu lama, pencatatan data yang memakan waktu lama, keterlambatan penyampaian informasi sampai laporan yang tidak akurat dalam pembuatannya. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi untuk administrasi rawat jalan yang berbasis dekstop yang dapat mempermudah operasional administrasi rawat jalan di klinik IMS ini. Dalam pembuatan aplikasi ini, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall, program aplikasinya menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7 dan Microsoft Access 2007 sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah program aplikasi administrasi rawat jalan yang dapat membantu karyawan klinik dalam operasional pelayanan rawat jalan mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pembayaran sampai pembuatan laporan sehingga meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih efektif dan efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-16