Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV. Anak Teladan

Penulis

  • Fenny Hidha Rahmawati STMIK Antar Bangsa
  • Esthi Adityarini Institut Daarul Qur'an

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.351

Abstrak

Abstract— CV. Anak Teladan is a company engaged in the distribution of books, and supporting tools for kindergartens. As for the problems that occur in the current system that is for processing data on incoming goods, data on outgoing goods and stock of goods is still recorded in paper or book in accordance with receipts and travel documents from suppliers that contain several many incoming and outgoing goods to be sent to the customer. Data collection of inventory items is only recorded on a piece of paper and then copied back into the next book the office section that will copy into the computer, sometimes has difficulty in getting stock information, so the information provided is often not in accordance with the availability of the available items. The purpose of this study is to create a system of inventory information, which can manage incoming and outgoing goods and stock items. The information system that has been produced by this design can manage data entry and exit goods, inventory data.

Intisari — CV. Anak Teladan merupakan perusahaan yang bergerak dibidiang distributor buku, dan alat penunjang untuk Taman Kanak-kanak. Adapun masalah yang terjadi pada sistem yang telah berjalan saat ini yaitu untuk pengolahan data barang masuk, data barang keluar dan stok barang masih di catat ke dalam kertas atau buku sesuai dengan kwitansi dan surat jalan dari supplier yang berisi beberapa banyak barang masuk dan keluar untuk dikirim ke pelanggan. Pendataan persediaan stok barang hanya dicatat di selembar kertas kemudian di salin kembali ke dalam buku berikutnya bagian kantor yang akan menyalin ke dalam komputer, terkadang mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi stok barang, sehingga informasi
yang diberikan sering tidak sesuai dengan kertersediaan barang yang ada. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi persedian barang, yang dapat mengelola barang masuk dan keluar serta stok barang. Sistem informasi yang telah dihasilkan perancangan ini dapat mengelola data barang masuk dan keluar, serta data stok barang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-03