ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MERCEDES-BENZ: STUDI KASUS PENELITIAN DI PT. XYZ

Penulis

  • Riva Abdillah Aziz

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v4i2.35

Abstrak

Abstract— This research aims toward the study of the effective sales information profile for Merecedes-Benz products, based on in-depth observation and analysis in PT. XYZ and how the iplementation of the information systems behave. Approach of the study was based on qualitative method where nine managerial level and some related staffs were interviewed. The study revealed that: 1. The level of technical knowledge in handling data within the sales
information systems required special attention. 2. Beside human resources and supporting phyical components of the application required serious revisits, while reengineering and redefining of methodology as well as the upgrading of the system concepts and application are required. based on the results of the above study concluded that: 1. Needed upgrading knowledge of the employees of PT. XYZ on the functions and benefits of information systems sales DMS. 2. Needed an active role of the management of PT. XYZ to monitor the use of sales information system DMS. 3. Needed implementation the classification and management of user access rights.

 

Intisari— Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana sistem informasi penjualan yang efektif pada produk Merecedes-Benz, berdasarkan dengan pengamatan yang mendalam dan analisis bagaimana perilaku penggunaan sistem informasi penjulan di PT. XYZ. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana sampel yang diambil untuk diwawancarai, berdiskusi dan bertukar informasi yang bermanfaat adalah sebanyak sembilan orang dari tingkat manajerial dan beberapa staf yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Tingkat pengetahuan teknis dalam mempergunakan data sistem informasi penjualan membutuhkan
perhatian khusus. 2. Selain SDM dan dukungan komponen fisik dari aplikasi, dibutuhkan keseriusan yang konsisten, sambil menataulang dan mendefinikan kembali metodelogi serta peningkatan konsep dan kebutuhan aplikasi. Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Dibutuhkan peningkatan pengetahuan karyawan PT. XYZ terhadap fungsi dan keuntungan dari sistem informasi penjualan DMS. 2. Dibutuhkan peran aktif dari manajemen PT. XYZ untuk memonitor penggunaan sistem informasi penjualan DMS. 3. Dibutuhkan penerapan  lasifikasi dan manajemen hak akses pengguna.

 

Kata kunci: SOP, DMS, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-09-13