Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pembelian Rumput Taman

Penulis

  • Mari Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v8i1.286

Abstrak

Abstract— To get new customers and maintain customers, the company spends a lot of money on promotional activities. In order for the communication strategy to be more effective, the company must be smart in determining market segmentation, choosing the target market, and determining the position in the horizontal era. The concept of a new strategy is to change the application of promotion to communication. For this reason, word of mouth (Word of Mounth-WoM) is becoming increasingly important. Moreover, supported by the advancement of internet technology, so that information acceleration is faster and covers a wider area. The research method used is quantitative research methods. With this study the author examines the extent of the influence of Information and Communication Technology on Garden Grass Purchases. The variables to be measured are translated into variable indicators. Then the indicator is used as a benchmark for preparing instrument items that can be statements or questions. This research uses survey method is a primary data collection method that uses oral and written questions. This method requires a contact or relationship between the researcher and the subject (respondent) to obtain the required data. The survey method is a method of collecting primary data based on communication between researchers and respondents. Research data is in the form of subject data stating the opinions, attitudes, experiences, or characteristics of individual or group research subjects. The data obtained is mostly descriptive data. However, data collection by survey methods can be designed to explain cause and effect or express ideas. Statistical data processing, in line with its many software specializations can be done with software specifically used for data processing. Such software only performs descriptive and inductive statistical data, which presents a variety of relevant charts to assist decision making in the field of statistics. Organizational competitive advantage supported by information systems must be adjusted to the maturity of the organization's business processes and plans in order to win the competition. Information systems function as facilities and infrastructure. Helping organizations to realize organizational goals. Organizations need to explore business needs and evaluate Information Technology (IT) resources to obtain opportunities that can be utilized and developed by actors involved in the organization.

 

Intisari—Untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan, perusahaan menghabiskan banyak uang untuk kegiatan promosi. Masalahnya adalah jika semua perusahaan juga melakukan kegiatan promosi, maka tidak ada gunanya mempromosikan lagi. Agar strategi komunikasi menjadi lebih efektif, perusahaan harus pintar dalam menentukan segmentasi pasar, memilih target pasar, dan menentukan posisi di era horizontal. Konsep strategi baru adalah mengubah aplikasi promosi menjadi komunikasi. Untuk alasan ini, kata-kata dari mulut ke mulut (Word of Mounth-WoM) menjadi semakin penting. Apalagi didukung oleh kemajuan teknologi internet, sehingga percepatan informasi lebih cepat dan mencakup area yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan penelitian ini penulis meneliti sejauh mana pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelian Rumput Taman. Variabel yang akan diukur diterjemahkan ke dalam indikator variabel. Kemudian indikator digunakan sebagai patokan untuk menyiapkan item instrumen yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu metode pengumpulan data primer yang menggunakan pertanyaan lisan dan tertulis. Metode ini membutuhkan kontak atau hubungan antara peneliti dan subjek (responden) untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Metode survei adalah metode pengumpulan data primer berdasarkan komunikasi antara peneliti dan responden. Data penelitian adalah dalam bentuk data subjek yang menyatakan pendapat, sikap, pengalaman, atau karakteristik subjek penelitian individu atau kelompok. Data yang diperoleh sebagian besar merupakan data deskriptif. Namun, pengumpulan data dengan metode survei dapat dirancang untuk menjelaskan sebab dan akibat atau mengekspresikan ide. Pengolahan data statistik, sesuai dengan banyak spesialisasi perangkat lunaknya dapat dilakukan dengan perangkat lunak yang khusus digunakan untuk pemrosesan data. Perangkat lunak tersebut hanya melakukan data statistik deskriptif dan induktif, yang menyajikan berbagai bagan yang relevan untuk membantu pengambilan keputusan di bidang statistik. Keunggulan bersaing organisasi yang didukung oleh sistem informasi harus disesuaikan dengan kematangan proses dan rencana bisnis organisasi untuk memenangkan persaingan. Sistem informasi berfungsi sebagai sarana dan prasarana. Membantu organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi. Organisasi perlu mengeksplorasi kebutuhan bisnis dan mengevaluasi Teknologi Informasi (TI) sumber daya untuk mendapatkan peluang yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh aktor yang terlibat dalam organisasi.

 

Kata Kunci— Purchasing, Technology, Information, Communication

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-02-13