Analisa Penerimaan Teknologi Internet Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Study Kasus: SMK Ranti Mula Bogor)

Penulis

  • Nur Azizah
  • Lia Mazia

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v7i1.211

Abstrak

Abstract—This study discusses the problems with only examine the variables of the Technology Acceptance Model (Model) that is perceived usefulness, perceived ease, the attitude of the use of, and interest in the behavior of using Internet technology. The study involved four hypotheses that represent the relationship existing variables. Hypothesis testing is done to obtain and prove acceptance of Internet technology by students. Respondents in this study are students of class X SMK Ranti Bogor At 150 respondents. Author distributing questionnaires to students to learn the extent to which students receive internet technology. Measurement scale used in this study is the Likert scale, the scale of which will be used to measure the use of Internet technology by students in vocational students Ranti At Bogor. With the questionnaire form is a question whose answer should be selected respondents in accessing internet technology to help them dala completion of school work. From the analysis of all hypotheses seen from all aspects, the students of class X SMK Ranti At Bogor can be said can receive Internet technology as a source of information in completing school assignments

Intisari—Penelitian ini membahas permasalahan dengan hanya meneliti variabel-variabel dari Technology Acceptance Model (Model) yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap penggunaan, dan minat perilaku dalam menggunakan teknologi internet. Penelitian ini melibatkan 4 hipotesis yang mewakili hubungan variabel-variabel yang ada. Pengujian hipotesis dilakukan untuk mendapatkan dan membuktikan penerimaan teknologi internet oleh pelajar. Yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X SMK Ranti Mula Bogor sebanyak 150 responden. Penulis melakukan penyebaran kuesioner kepada siswa-siswi tersebut untuk mengetahui sejauh mana pelajar menerima teknologi internet. Skala pengukuran yang dipakai dalam penelitian ini adalah skala likert, yaitu skala yang akan digunakan untuk mengukur penggunaan teknologi internet oleh pelajar pada siswa-siswi SMK Ranti Mula Bogor. Dengan bentuk kuesioner tersebut adalah pertanyaan yang jawabannya harus dipilih responden dalam mengakses teknologi internet untuk membantu mereka dala penyelesaian tugas sekolah. Dari pengujian terhadap semua hipotesis dilihat dari seluruh aspek, siswa-siswi kelas X SMK Ranti Mula Bogor dapat dikatakan bisa menerima teknologi internet sebagai sumber informasi dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Kata kunci : Internet, TAM, Pelajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-01-31