Pengaruh Penggunaan Cyberpreneurship Sebagai Media Pemasaran dalam Dunia Bisnis

Penulis

  • Mari Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v6i1.117

Abstrak

Abstract— Cyberpreneurship is a step or a way to promote a product or service through internet technology. In this case the effort and business promoted using electronic brochure known as the homepage on the internet. Cyberpreneurship is the entrepreneurial spirit that utilizes Internet media and can be interpreted as tips to find business opportunities by utilizing the technologies available on the internet. SEM is one of multivariate analysis to analyze the relationship between the variables in the complex. This analysis is generally used for studies that use a lot of variables. The use of SEM analysis to elucidate more thoroughly the relationship between variables that exist in the research. SEM is a statistical technique for testing and estimating causal relationships by integrating factor analysis and path analysis. Analysis of Partial Least Square (PLS) is a multivariate statistical techniques that make comparisons between multiple dependent variables and multiple independent variables. PLS is one of the statistical methods SEM (Structural Equation Modeling) based variants are designed to complete multiple regression when there is a specific problem in the data, such as small sample size, the data is lost and multikolinearitas.

 

Intisari— Cyberpreneurship adalah suatu langkah atau cara untuk mempromosikan suatu barang atau jasa melalui tekhnologi internet. Dalam hal ini usaha dan bisnis yang dipromosikan menggunakan brosur elektronik yang dikenal dengan homepage pada internet. Cyberpreneurship adalah jiwa kewirausahaan yang memanfaatkan media internet dan dapat diartikan sebagai kiat-kiat untuk mencari peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang tersedia di internet. SEM merupakan salah satu analisis multivariate yang dapat menganalisis hubungan variabel secara kompleks. Analisis ini pada umumnya digunakan untuk penelitian-penelitian yang menggunakan banyak variabel. Penggunaan analisa SEM untuk menjelaskan secara menyeluruh hubungan antar variabel yang ada dalam penelitian. SEM adalah suatu teknik statistika untuk menguji dan mengestimasi hubungan kausal dengan mengintegrasikan analisis faktor dan analisis jalur. Analisis Partial Least Square (PLS) adalah teknik statistika multivariat yang melakukan pembandingan antara variabel dependen berganda dan variabel independen berganda. PLS adalah salah satu metode statistika SEM (Structural Equation Modeling) berbasis varian yang didesain untuk menyelesaikan regresi berganda ketika terjadi permasalahan spesifik pada data, seperti ukuran sampel kecil, adanya data yang hilang dan multikolinearitas.

 

Kata Kunci— Internet, Cyberpreneurship, SEM, PLS

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-06-15