Pemanfaatan E – Learning sebagai Media Pembelajaran Secara Online pada Pengenalan Lingkungan Berbahasa Inggris untuk Anak Pra Sekolah

Penulis

  • Sriyadi Sriyadi

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v7i2.270

Abstrak

Abstract-Through joyfull learning process, it is expected that the process can stimulate and increase creativity of children based on their potential to enhance the personality in the early age. E-learning process is designed for pre-school age, and absolutely it must be adjusted with their need in that age, and also create the children in a joyfull learning condition. Recently e-learning media has been developed for school age, but now we adopt this media to be developed for pre-school age. One of the reason is that e-learning media is used for preparing the children to get the knowledge when they go to school age. Some strategies of e-learning use to implement learning process, it is expected to increase : absorption of learning material for students, students' active participation, students' ability of self-learning, quality education and course material, the ability to perform information by using technology information equipments, development of teaching-learning process coverage by using computer web spaceless and timeless). Intisari-Melalui proses pembelajaran yang menyenangkan, diharapkan dapat merangsang dan memupuk kreativitas anak sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk pengembangan diri sejak usia dini. E-learning yang dirancang untuk anak pra-sekolah, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan anak pada usia tersebut dan membuat anak berada dalam kondisi joyfull learning (pembelajaran yang menyenangkan). Jika saat ini sudah banyak dikembangkan media e-learning untuk siswa usia sekolah dasar, maka tidak ada salahnya jika dalam mengembangkan e-learning untuk anak usia pra-sekolah dengan menerapkan beberapa prinsip dasar dari pengembangan e-learning untuk anak usia sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan media e-learning untuk anak usia pra-sekolah salah satunya bertujuan untuk mempersiapkan anak tersebut memiliki pengetahuan dasar untuk memasuki usia sekolah dasar. Strategi penggunaan e-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar, diharapkan dapat meningkatkan (daya serap dari siswa atas materi yang diajarkan, partisipasi aktif dari siswa, kemampuan belajar mandiri siswa, kualitas materi pendidikan dan pelatihan, kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, memperluas daya jangkau proses belajar-mengajar dengan menggunakan jaringan komputer serta tidak terbatas pada ruang dan waktu). Kata Kunci : E Learning, Joyfull Learning, Pra Sekolah, Teknologi Informasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-08-17