Black Box Testing Aplikasi Pelayanan Permintaan dan Pengiriman Material PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Penulis

  • Mochamad Nandi Susila
  • Muhammad Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.51998/jti.v4i2.256

Abstrak

Abstract—PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk has a work unit spread all over Indonesia. The Retail Business Network Division is one of the divisions within it, responsible for the demand and delivery of materials to existing work units. Application of demand and delivery of check material applications, bilyet giro and deposits, BRI's work environment is required to have system reliability in terms of application functionality. In this research, application development uses diagram design in UML (Unified Modeling Language) as an application architecture design and CodeIgniter framework for program code editor. While application testing is done by blackbox testing techniques with equivalent partitioning techniques, boundary value analysis, cause effect graphic. The application is able to produce service request report and delivery of the material as a whole, and facilitate employees in getting information about material management checks, bilyet giro and deposit, because the reliability of the application function has been supported by testing black box testing. Intisari—PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki unit kerja yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Divisi Jaringan Kerja Bisnis Ritel merupakan salah satu divisi didalamnya, yang bertanggung jawab terhadap kegiatan permintaan dan pengiriman material kepada unit-unit kerja yang ada. Penerapan aplikasi permintaan dan pengiriman material cek, bilyet giro dan deposito, dilingkungan kerja BRI diharuskan memiliki kehandalan sistem dari sisi fungsionalitas aplikasi. Dalam penelitian ini, Pengembangan aplikasi menggunakan rancangan diagram-diagram pada UML (Unified Modelling Language) sebagai desain arsitektur aplikasi serta framework CodeIgniter untuk editor kode program. Sementara Pengujian aplikasi dilakukan dengan teknik blackbox testing dengan teknik equivalence partitioning, boundary value analisys, cause effect graphic. Aplikasi yang diterapkan mampu menghasilkan laporan pelayanan permintaan dan pengiriman material secara keseluruhan, serta mempermudah karyawan dalam mendapatkan informasi tentang pengelolaan material cek, bilyet giro dan deposito, karena kehandalan fungsionalitas aplikasi telah didukung oleh pengujian black box testing. Kata Kunci— PT.Bank Rakyat Indonesia, Aplikasi Permintaan dan Pengiriman Material, Black Box Testing

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-02-13

Cara Mengutip

Nandi Susila, M., & Darussalam, M. (2019). Black Box Testing Aplikasi Pelayanan Permintaan dan Pengiriman Material PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 138. https://doi.org/10.51998/jti.v4i2.256