Jurnal Sistem Informasi https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi <div> <p>Jurnal Sistem Informasi (JSI) STMIK Antar Bangsa merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa. Jurnal yang terbit dalam dua periode per Tahun ini berisi artikel ilmiah yang meliputi tema : analisa maupun penerapan sistem informasi, data mining penelitian/kajian sistem informasi, sistem pendukung keputusan, dan lain-lain. Jurnal ini berisi pokok-pokok permasalahan dalam kerangka pengembangan secara teoritis maupun dalam bentuk implementasi.</p> <p>Diharapkan setiap artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ini memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan sumberdaya penelitian khususnya di bidang Sistem Informasi. Semoga Jurnal Sistem Informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Tim redaksi membuka komunikasi lebih lanjut dalam bentuk kritik, dan saran.</p> </div> id-ID lppm@antarbangsa.ac.id (LPPM STMIK ANTAR BANGSA) kangbahri@gmail.com (Saepul Bahri) Thu, 18 Aug 2022 17:07:31 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Perancangan Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Guru Terbaik Dengan Metode Weighted Product https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/493 <p><em><strong> <span class="fontstyle0">Abstract</span></strong></em><span class="fontstyle1">— <em>This study contains the selection of the best </em><em>teachers at SMK PGRI 05 Serpong. Where in the process of </em><em>selecting the best teachers currently using a manual system that </em><em>adds up several criteria that are included in the selection. The </em><em>criteria themselves are still not quite right because the selected </em><em>criteria are only seen from the teacher's absence and</em><br /><em>performance. For the data collection process in this study, </em><em>namely by using observation to analyze the problems that occur, </em><em>the next process is to conduct interviews with the principal to</em><br /><em>obtain information about the problems encountered, for the </em><em>documentation process to find the required documents through </em><em>Administration, the next process is a questionnaire to obtain </em><em>data. alternative respondents. The support system has a role that </em><em>aims to improve a decision through a technology application that</em><br /><em>is designed based on weighting and. The results of this study </em><em>were used to select the best teachers at SMK PGRI 05 Serpong, </em><em>South Tangerang city.</em><br /></span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Keywords</span><span class="fontstyle3">: </span></strong><em><span class="fontstyle1">decision support system, weighted product, waterfall</span></em></p> <p><span class="fontstyle1"><br /></span><strong><span class="fontstyle3">I</span><span class="fontstyle0">ntisari</span></strong><span class="fontstyle4">— </span><span class="fontstyle1">Penelitian ini berisi mengenai pemilihan guru terbaik di SMK PGRI 05 Serpong. Dimana pada proses<br />pemilihan guru terbaik saat ini masih menggunakan sistem manual yang menjumlahkan beberapa kriteria yang masuk ke dalam pemilihan. Untuk kriterianya sendiri masih kurang tepat<br />karena kriteria yang dipilih hanya dilihat dari absensi dan kinerja gurunya saja. Untuk proses pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan observasi untuk menganalisa permasalahan yang terjadi, proses selanjutnya melakukan </span><span class="fontstyle0">interview </span><span class="fontstyle1">dengan kepala sekolah untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan yang dihadapi, untuk proses dokumentasi mencari dokumen yang dibutuhkan melalui bagian Tata Usaha, proses selanjutnya yaitu kuisoner untuk mendapatkan data responden alternatif. Sistem penunjang keputusan memiliki peranan yang bertujuan untuk meperbaiki sebuah pengambilan keputusan melalui sebuah aplikasi<br />teknologi yang dirancang berdasarkan pembobotan. Adapun hasil dari penelitian ini digunakan untuk pemilihan guru terbaik di SMK PGRI 05 Serpong kota Tangerang Selatan</span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Kata Kunci</span></strong><span class="fontstyle1">: sistem penunjang keputusan, </span><span class="fontstyle0">weighted product, waterfall</span></p> <p> </p> Asep Suryadi, Arip Kristiyanto Hak Cipta (c) 2022 Asep Suryadi, Arip Kristiyanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/493 Thu, 18 Aug 2022 00:00:00 +0700 Otomatisasi Sistem Persuratan Di Kelurahan Harapan Jaya Bekasi https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/483 <p><em><strong> <span class="fontstyle0">Abstract</span></strong></em><span class="fontstyle1">— </span><em><span class="fontstyle0">Harapan Jaya Village, Bekasi City has public services covering various aspects of community administration data collection. Community administration data collection such as business certificates, certificates of incapacity, domicile letters of residence are still manual, namely using Microsoft word and excel so that it slows down the community service process and too many people want to apply so it is not controlled. Because the mail service system in Harapan Jaya sub-district, Bekasi City, until now has not been computerized, an information system was made using a development model with the waterfall method to be one of the best solutions because it utilizes information technology as an intermediary to simplify and speed up human work. In addition to tackling problems, there are still advantages when public services are online-based, including training the public to be aware of technology and also minimizing the use of paper and other stationery in the process of submitting letters. With an online-based information system, services for the residents of Harapan Jaya Village can run conducive and efficiently.</span></em></p> <p><em><span class="fontstyle0"><strong>Keyword</strong><span class="fontstyle2">— </span>Information systems<span class="fontstyle2">, </span>office automation<span class="fontstyle2">, </span>waterfall life cycle<span class="fontstyle2">.</span></span></em></p> <p><strong>Abstrak</strong>-Kelurahan Harapan Jaya Kota Bekasi memiliki pelayanan umum mencakup berbagai aspek pendataan administrasi masyarakat. Pendataan administrasi masyarakat seperti surat keterangan usaha, surat keterangan tidak mampu, surat domisili tempat tinggal masih bersifat manual yaitu menggunakan Microsoft word dan excel sehingga memperlambat dalam proses pelayanan masyarakat dan terlalu banyak masyarakat yang ingin mengajukan sehingga tidak terkontrol. Dikarenakan sistem pelayanan surat pada kelurahan Harapan Jaya Kota Bekasi sampai saat ini belum terkomputerisasi maka dibuatkan sistem informasi dengan menggunakan model pengembangan dengan metode <em>waterfall</em> menjadi salah satu solusi terbaik karena memanfaatkan teknologi informasi sebagai perantara untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Selain menanggulangi permasalahan, masih ada keuntungan ketika pelayanan umum berbasis <em>online</em>, diantaranya melatih mayarakat untuk sadar teknologi serta turut meminimalisir penggunaan kertas dan alat tulis lainnya dalam proses pengajuan surat. Dengan adanya sistem informasi berbasis <em>online</em> pelayanan terhadap warga Kelurahan Harapan Jaya dapat berjalan kondusif dan efisien.</p> <p><strong> <span class="fontstyle0">Kata Kunci</span></strong><span class="fontstyle2">— </span><span class="fontstyle0">Information systems</span><span class="fontstyle2">, </span><span class="fontstyle0">office automation</span><span class="fontstyle2">, </span><span class="fontstyle0">waterfall life cycle</span><span class="fontstyle2">.</span></p> Irgi Afandi Amienullah, Susy Rosyida, Warsino Hak Cipta (c) 2022 Irgi Afandi Amienullah, Susy Rosyida https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/483 Thu, 18 Aug 2022 00:00:00 +0700 Audit Sistem Informasi Absensi Mesin Fingerprint Pada PT. Metal Castindo Industritama Dengan Menggunakan Framework Cobit 5 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/482 <p><em><strong> <span class="fontstyle0">Abstract</span></strong></em><span class="fontstyle1">—</span><span class="fontstyle0"><em>PT. Metal Castindo Industritama is a company engaged </em><em>in investment casting, sand casting and permanent mold with cast </em><em>products from steel alloys, FCD, stainless steel and aluminium. </em><em>Meanwhile, PT. Metal Castindo Industritama has implemented an </em><em>information system to optimize the company's operational activities. </em><em>One of them is the presence of a device that is connected to a </em><em>computer, namely a fingerprint machine to record employee </em><em>attendance times. The process applied should have the ability to </em><em>manage information, convey information, maintain information </em><em>security, and protect information properly. Therefore, it is necessary </em><em>to conduct an audit that aims to assess the on going IT governance. </em><em>The purpose of this analysis is to estimate the level of maturity and </em><em>examine the problems that exist in the way attendance </em><em>information system and to provide recommendations to the company </em><em>in order to optimize the available IT management. In this analysis, </em><em>the capability model is used as a parameter related to the </em><em>respondent's responses from the list of questions that have been </em><em>made based on the COBIT framework version 5 MEA domain </em><em>(Monitor, Evaluate, and Assess) as a reference. A total of 40 </em><em>resource persons who participated in completing the list of questions </em><em>were taken from the manager level to the operator of PT. Metal </em><em>Castindo Industritama usually runs the utilization of the fingerprint </em><em>machine. Based on the decisions of respondents' responses, the </em><em>current capability number is 3.6 in the range of 1-4. In order to reach </em><em>the necessary conclusions, a number of recommendations were </em><em>made to optimize the capabilities and references for updating the </em><em>fingerprint machine capabilities at PT. Metal Castindo Industritama </em><em>in the future.</em></span></p> <p><span class="fontstyle0"><em><strong>Keywords</strong> </em>—<em> Attendance, Fingerprint, MEA (Monitor, Evaluate, </em><em>and Assess), COBIT 5</em></span></p> <p><span class="fontstyle0"><strong>Intisari</strong></span><span class="fontstyle1">—</span><span class="fontstyle0">PT. Metal Castindo Industritama adalah perusahaan yang bergerak dibidang investment casting, sand casting dan permanent mould dengan produk cor dari paduan baja, FCD, stainless steel dan alumunium. Sementara itu, PT. Metal Castindo Industritama telah menerapkan suatu sistem informasi guna mengoptimalkan kegiatan operasional kerja perusahaan. Salah satunya dengan adanya alat yang terhubung dengan kompoter yakni mesin fingerprint untuk merekam waktu hadir karyawan. Proses yang diterapkan seharusnya memiliki kemampuan dalam hal mengelola informasi, menyampaikan informasi, menjaga keamanan informasi, dan melindungi informasi dengan baik. Maka dari itu, diperlukan melakukan audit yang bertujuan untuk menilai terkait tata kelola TI yang sedang berjalan. Tujuan dari analisa ini yaitu untuk memperkirakan tingkat kematangan dan memeriksa persoalan yang ada pada cara sistem informasi absensi serta untuk memberikan rekomendasi kepada perusahaan guna mengoptimalkan manajemen TI yang tersedia. Dalam analisa ini memakai model kapabilitas sebagai parameter berhubungan dengan tanggapan narasumber dari daftar pertanyaan yang telah dibuat bersumber pada framework COBIT versi 5 domain MEA (Monitor, Evaluate, and Assess) menjadi rujukan. Total narasumber yang berpartisipasi dalam melengkapi daftar pertanyaan diambil sejumlah 40 narasumber mulai dari level manajer hingga operator PT. Metal Castindo Industritama yang biasanya menjalankan pendayagunaan mesin fingerprint tersebut. Berdasarkan keputusan dari tanggapan responden, maka memperoleh angka kapabilitas kini sebanyak 3,6 pada rentang 1-4. Demi meraih kesimpulan yang diperlukan, maka direalisasilah sejumlah anjuran bakal mengoptimalkan kemampuan serta rujukan perbaruan kemampuan mesin fingerprint tersebut pada PT. Metal Castindo Industritama dalam masa nanti.</span></p> <p><span class="fontstyle0"><strong>Kata Kunci</strong> <span class="fontstyle2">— Absensi, </span>Fingerprint<span class="fontstyle2">, MEA (</span>Monitor, Evaluate, and Assess<span class="fontstyle2">), COBIT 5.</span> <br /></span></p> Rizka Nurul Wahidah, Nur Lutfiyana, Vanny Fitria Ramadanti, Panji Septiyo, Rian Drefiyanto Hak Cipta (c) 2022 Rizka Nurul Wahidah, Nur Lutfiyana, Vanny Fitria Ramadanti, Panji Septiyo, Rian Drefiyanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/482 Thu, 18 Aug 2022 00:00:00 +0700 E-Absensi Berbasis QR-Code Dengan Extreme Programming https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/494 <p><em><strong> <span class="fontstyle0">Abstract-</span></strong><span class="fontstyle0">Employee attendance is one of the important aspects in managing human resources in a company. Also has a role in terms of condition or assessment of employee work discipline and payroll calculations that are carried out every month. The research problem found in the object of research is that attendance recording is done by using printed sheets of paper written with stationery by employees. It has an impact on the monthly attendance recapitulation process, or even prone to damage and loss of physical attendance files. The purpose of this study is to design an attendance application that can record attendance data through a QR-Code scan and the data is stored automatically in the database. This research method uses extreme programming software development methods, and the results obtained are the benefits of data storage automation in the prepared database, so that the attendance process becomes transparent and report recapitulation is better because data retrieval can be done faster</span><span class="fontstyle1">.</span></em></p> <p><span class="fontstyle1"><strong>Keywords</strong>— <em>Employee Attendance, QR-Code, Extreme Programming, Database</em></span></p> <p><strong>Intisari</strong> - Absensi karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Memiliki peranan pula dalam hal kondite atau penilaian terhadap kedisiplinan kerja karayawan dan perhitungan penggajian yang dilakukan setiap bulan. Permasalahan penelitian yang ditemukan pada objek penelitian yaitu perekaman absensi dilakukan dengan menggunakan cetakan lembar kertas yang ditulis dengan alat tulis oleh karyawan. Berdampak kepada proses rekapitulasi absensi setiap bulan, atau bahkan rawan terjadinya kerusakan dan kehilangan berkas fisik absensi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun suatu aplikasi absensi yang dapat melakukan perekaman data absensi melalui scan QR-Code dan data tersimpan secara otomatis pada basis data. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak extreme programming, dan didapatkan hasil penelitian yaitu kemanfaatan otomatisasi penyimpanan data pada basis data yang disiapkan, sehingga proses absensi menjadi transparan dan rekapitulasi laporan lebih baik karena pencarian data dapat lebih cepat dilakukan.</p> <p><strong> <span class="fontstyle0">Kata Kunci</span></strong><span class="fontstyle2">— Absensi Karyawan, QR-Code, </span><span class="fontstyle0">Extreme Programming</span><span class="fontstyle2">, Basis Data</span></p> Mochamad Nandi Susila, Kiki Salam Ruzki, Ardian Dwi Praba, Sriyadi, Mulyadi, Eka Wulansari Fridayanthie Hak Cipta (c) 2022 Mochamad Nandi Susila, Kiki Salam Ruzki, Ardian Dwi Praba, Sriyadi, Mulyadi, Eka Wulansari Fridayanthie https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/494 Thu, 18 Aug 2022 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Geografis Tindak Pengawasan SDM Pada Dinas Perhubungan Republik Indonesia Berbasis Web https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/485 <p><em><strong>Abstract—</strong>Supervision is a systematic way to align implementation standards with planning objectives, functions to design information systems, compare real activities with standards that have been made previously, determine and measure deviations and take corrective action. In its implementation at the Department of Transportation of the Republic of Indonesia, there is no supervision over the mapping of the assignment where this can hinder if an incident occurs in the field, field information is not documented and the data management process still uses manuals. So in this study a system was designed. The Design of a Geographic Information System.</em></p> <p><em><strong>Intisari</strong>—</em>PHP, Web, Informasi, Pengawasan, MySql Pengawasan adalah cara yang sistematis untuk mengatur pelaksanaan standar dengan tujuan merencanakan, mengerjakan perancangan sistem informasi, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang dibuat sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan serta mengambil tindakan korektif. Dalam pelaksanaannya di Dinas Perhubungan Republik Indonesia belum ada pengawasan terhadap tempat-tempat yang dapat menghambat kejadian di lapangan, informasi lapangan tidak terdokumentasi dan proses pengelolaan data masih menggunakan manual. Sumber Daya Manusia pada Departemen Perhubungan Republik Indonesia Berbasis Web. Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MYSQL. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari pengguna dan menghemat proses operasional</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>—PHP, Web, Information, Monitoring, MySql</p> Devin Pradana, Melan Susanti Hak Cipta (c) 2022 Devin Pradana, Melan Susanti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/485 Thu, 18 Aug 2022 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Evaluasi Kualitas Website KMS E-Learning PT. Pegadaian https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/487 <p><em><strong> <span class="fontstyle0">Abstract </span></strong></em><span class="fontstyle1">— <em>This study contains the selection of the best </em><em>teachers at SMK PGRI 05 Serpong. Where in the process of </em><em>selecting the best teachers currently using a manual system that </em><em>adds up several criteria that are included in the selection. The </em><em>criteria themselves are still not quite right because the selected </em><em>criteria are only seen from the teacher's absence and </em><em>performance. For the data collection process in this study, </em><em>namely by using observation to analyze the problems that occur, </em><em>the next process is to conduct interviews with the principal to </em><em>obtain information about the problems encountered, for the </em><em>documentation process to find the required documents through </em><em>Administration, the next process is a questionnaire to obtain </em><em>data. alternative respondents. The support system has a role that</em><br /><em>aims to improve a decision through a technology application that </em><em>is designed based on weighting and. The results of this study </em><em>were used to select the best teachers at SMK PGRI 05 Serpong, </em><em>South Tangerang city.</em></span></p> <p><span class="fontstyle1"><br /></span><em><strong><span class="fontstyle0">Keywords</span><span class="fontstyle3">: </span></strong><span class="fontstyle1">decision support system, weighted product, waterfall</span></em></p> <p><span class="fontstyle1"><br /></span><strong><span class="fontstyle3">I</span><span class="fontstyle0">ntisari</span></strong><span class="fontstyle4">— </span><span class="fontstyle1">Penelitian ini berisi mengenai pemilihan guru terbaik di SMK PGRI 05 Serpong. Dimana pada proses pemilihan guru terbaik saat ini masih menggunakan sistem manual yang menjumlahkan beberapa kriteria yang masuk ke dalam pemilihan. Untuk kriterianya sendiri masih kurang tepat karena kriteria yang dipilih hanya dilihat dari absensi dan kinerja gurunya saja. Untuk proses pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan observasi untuk menganalisa permasalahan yang terjadi, proses selanjutnya melakukan </span><span class="fontstyle0">interview </span><span class="fontstyle1">dengan kepala sekolah untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan yang dihadapi, untuk proses dokumentasi mencari dokumen yang dibutuhkan melalui bagian Tata Usaha, proses selanjutnya yaitu kuisoner untuk mendapatkan data responden alternatif. Sistem penunjang keputusan memiliki peranan yang bertujuan untuk meperbaiki sebuah pengambilan keputusan melalui sebuah aplikasi teknologi yang dirancang berdasarkan pembobotan. Adapun hasil dari penelitian ini digunakan untuk pemilihan guru terbaik di SMK PGRI 05 Serpong kota Tangerang Selatan.</span></p> <p><span class="fontstyle1"><br /></span><strong><span class="fontstyle0">Kata Kunci</span></strong><span class="fontstyle1"><strong>:</strong> sistem penunjang keputusan, </span><span class="fontstyle0">weighted product, waterfall</span></p> <p> </p> Pandu Raisa Mahendra, Hendri Hak Cipta (c) 2022 Pandu Raisa Mahendra, Hendri https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jsi/article/view/487 Thu, 18 Aug 2022 00:00:00 +0700