ANIMASI INTERAKTIF DALAM MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN KONVERSI SUHU
DOI:
https://doi.org/10.51998/jsi.v3i2.57Abstrak
Abstract— Interactive animation in the form of the game known as the entertainment media, opinion like these that make our society less utilize games as media of learning. Though the nature of the game has a challenging, fun and addictive that is very effective to educate the public. But it is gaming world as media of learning in Indonesia has not long tradition. Various issues such as lack of resources also make educational games underused by the public. For this reason the writer was challenged to create a game that is educating but also still fun. In this game the user will learn the
temperature conversion, which is a subject matter physics junior high school level. Users can select the for materials that have been provided in this game. Within each material, the user can learn the formula, example problems, see the simulation and doing exercises. If the user successfully pass the exercises, there will be a reward in
each of these materials.
Â
Intisari— Animasi interaktif dalam bentuk game dikenal sebagai media hiburan, pandangan seperti inilah yang membuat masyarakat kita kurang memanfaatkan game sebagai media pembelajaran. Padahal game memiliki sifat dasar yang menantang, menyenangkan dan membuat ketagihan sehingga game sangat efektif untuk mengedukasi masyarakat. Namun memang ranah media game sebagai media pembelajaran di Indonesia belum memiliki tradisi yang panjang. Berbagai masalah seperti kurangnya sumber daya juga membuat game edukasi kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk itulah penulis merasa tertantang untuk membuat sebuah game yang mengedukasi namun tetap menyenangkan. Pada game ini pengguna akan mempelajari konversi suhu, dimana materi tersebut merupakan mata pelajaran Fisika tingkat SMP. Pengguna bisa memilih empat materi yang telah disediakan dalam game ini. Di dalam masing-masing materi, pengguna dapat belajar rumus, contoh soal, melihat simulasi serta mengerjakan latihan-latihan soal. Jika pengguna berhasil lulus mengerjakan soal, maka akan ada reward di masing-masing materi tersebut.
Â
Kata Kunci— Animasi Interaktif, game edukasi, suhu.