Analysis and Implementation of E-Commerce Website Based on Content Management System (CMS)
DOI:
https://doi.org/10.51998/jsi.v13i2.534Abstrak
Dalam melayani konsumen, toko pakaian ini menggunakan media sosial seperti Instagram. Dengan keterbatasan fitur yang dimiliki Instagram, toko pakaian ini memiliki banyak kendala dalam menjalankan bisnisnya. Kurang efektif dan sistem yang ada saat ini tidak modern. Pemasaran produk yang kurang optimal dan pembukuan laporan yang masih dilakukan secara manual menyebabkan sering terjadi kesalahan dalam menghitung pendapatan dan stok barang. Untuk mengatasi permasalahan diatas, penulis berinisiatif membuat website toko pakaian berbasis e-commerce untuk membantu mempermudah proses transaksi penjualan, promosi dengan jangkauan yang lebih luas, dan pembuatan laporan. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan akhir ini adalah observasi, wawancara, analisis dokumen, dan studi pustaka. Untuk menganalisis model bisnis yang digunakan, penulis menggunakan Business Model Canvas (BMC) dengan menggunakan tools WordPress Content Management Systems (CMS) dalam pembuatan website e-commerce. Diharapkan dengan menerapkan E-Commerce di toko pakaian sebagai media informasi kepada pelanggan dapat meningkatkan penjualan produk, serta dapat menciptakan sistem rekapitulasi, penjualan, pembayaran, pengiriman dan laporan pelanggan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ikhsan Rahdiana, Jeremy Jonathan, Firdha Aprilyani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.