Implementasi Website e-Commerce Berbasis CMS (Content Management System) pada Toko Olahraga XYZ
DOI:
https://doi.org/10.51998/jsi.v12i01.512Abstrak
Abstract— Technological developments require business people to be able to prioritize fast service, increase productivity, comfort and create superior products. Selling and buying products via the internet will make it easier for people to access e-commerce websites effectively and efficiently and increase store sales. The problem that occurs at the XYZ Sports Store is that there is no system to inform product details, product prices, product sizes, and product stock so that customers run out of items they want to buy, sales promotions are not optimal, there are no reports for selling products, results are not optimal looking for data sales report. The research method is to build and design e-commerce with the WordPress content management system (CMS) and use the Business Model Canvas (BMC) method. The development method uses the B2C (Business-to-Customer) E-commerce model. This research resulted in the availability of product catalog, cart and checkout features on the E-commerce system, coupon features, sales report features, and best-selling products.
Keywords — E-commerce, Internet, CMS, WordPress, B2C
Intisari— Perkembangan teknologi menuntut usaha untuk bisa mengedepankan pelayanan cepat, meningkatkan produktifitas, kemudahan serta menciptakan produk yang unggul. Dengan menjual dan membeli produk melalui internet, memudahkan masyarakat mengakses website e-commerce secara efektif dan efisien serta meningkatkan penjualan toko. Permasalahan yang terjadi pada Toko Olahraga XYZ yaitu tidak adanya sistem untuk menginformasikan detail produk, harga produk, ukuran produk, dan stok produk sehingga pelanggan kehabisan barang yang ingin dibeli, kurang maksimalnya dalam promosi penjualan, tidak adanya laporan untuk produk yang terlaris, kurang maksimalnya dalam mencari data laporan penjualan. Metode penelitian ini membangun dan merancang e-commerce dengan content management system (CMS) wordpress, mengembangkan model E-commerce jenis B2C (Business-to-Customer), membahas pembuatan katalog produk, pemesanan produk, transaksi produk, serta mengkonfirmasi pembayaran, pembayaran yang dilakukan dengan transfer antar bank dan kemudian pihak toko akan memvalidasi apabila pembeli telah melakukan konfirmasi pembayaran. Penelitian ini menghasilkan tersedianya fitur katalog produk, cart serta checkout pada sistem E-commerce, adanya fitur coupon dan adanya fitur laporan penjualan dan produk terlaris.
Kata Kunci— E-commerce, Internet, CMS, WordPress, B2C
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jeremy Jonathan, Ikhsan Rahdiana, Firdha Aprilyani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.