Otomatisasi Sistem Persuratan Di Kelurahan Harapan Jaya Bekasi

Penulis

  • Irgi Afandi Amienullah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Susy Rosyida Universitas Nusa Mandiri
  • Warsino Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v11i2.483

Abstrak

AbstractHarapan Jaya Village, Bekasi City has public services covering various aspects of community administration data collection. Community administration data collection such as business certificates, certificates of incapacity, domicile letters of residence are still manual, namely using Microsoft word and excel so that it slows down the community service process and too many people want to apply so it is not controlled. Because the mail service system in Harapan Jaya sub-district, Bekasi City, until now has not been computerized, an information system was made using a development model with the waterfall method to be one of the best solutions because it utilizes information technology as an intermediary to simplify and speed up human work. In addition to tackling problems, there are still advantages when public services are online-based, including training the public to be aware of technology and also minimizing the use of paper and other stationery in the process of submitting letters. With an online-based information system, services for the residents of Harapan Jaya Village can run conducive and efficiently.

Keyword— Information systems, office automation, waterfall life cycle.

Abstrak-Kelurahan Harapan Jaya Kota Bekasi memiliki pelayanan umum mencakup berbagai aspek pendataan administrasi masyarakat. Pendataan administrasi masyarakat seperti surat keterangan usaha, surat keterangan tidak mampu, surat domisili tempat tinggal masih bersifat manual yaitu menggunakan Microsoft word dan excel sehingga memperlambat dalam proses pelayanan masyarakat dan terlalu banyak masyarakat yang ingin mengajukan sehingga tidak terkontrol. Dikarenakan sistem pelayanan surat pada kelurahan Harapan Jaya Kota Bekasi sampai saat ini belum terkomputerisasi maka dibuatkan sistem informasi dengan menggunakan model pengembangan dengan metode waterfall menjadi salah satu solusi terbaik karena memanfaatkan teknologi informasi sebagai perantara untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Selain menanggulangi permasalahan, masih ada keuntungan ketika pelayanan umum berbasis online, diantaranya melatih mayarakat untuk sadar teknologi serta turut meminimalisir penggunaan kertas dan alat tulis lainnya dalam proses pengajuan surat. Dengan adanya sistem informasi berbasis online pelayanan terhadap warga Kelurahan Harapan Jaya dapat berjalan kondusif dan efisien.

Kata Kunci— Information systems, office automation, waterfall life cycle.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-18