Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Sockliner pada PT Sinar Utama Jaya Abadi

Penulis

  • Evita Sulis Tyanur Universitas Nusa Mandiri
  • Rachmat Hidayat Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yusnia Budiarti Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2.446

Abstrak

Intisari— Proses pembelian bahan baku memiliki peranan penting dalam proses produksi. Karena pembelian bahan baku merupakan sebuah awal kegiatan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan. Tidak mungkin dalam suatu perusahaan dapat menyediakan sendiri kebutuhan untuk menjalankan roda perusahaan. Permasalahan yang ada pada saat ini proses pembelian bahan baku prosesnya masih dilakukan secara konvensional, Purchase Order (PO) di buat dengan menggunakan Microsoft Excel lalu dicetak dan dikirim kepada supplier via email/fax, hal ini sering terjadi kesalahan pada proses input data dan penyimpanan data belum terintegrasi oleh sistem sehingga kesulitan pada saat pencarian data selain itu dalam pembuatan laporan penerimaan barang, laporan permintaan barang dan laporan pembelian memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengolah dan menggabungkan banyak data dalam Microsoft Excel. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mempermudah, mempercepat dan mengurangi kesalahan dalam sistem pembelian bahan baku sockliner pada PT Sinar Utama Jaya Abadi untuk membantu mengolah data pembelian serta laporan perusahaan dengan mudah, cepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SDLC air terjun (waterfall) dan dalam pembuatan sistem ini, menggunakan Visual Studio dan MySQL. Hasil dari sistem yang telah dibuat adalah berupa sistem informasi pembelian bahan baku sockliner yang dapat mengelola informasi data.

Kata Kunci— Sistem Informasi, Permintaan Barang, Pembelian Barang, Penerimaan Barang, Waterfall

Referensi :

[1]   A. A. Andryadi, “Perancangan Sistem Informasi Purchase Orderinternal Non Related Product Berbasis Web (Studi Kasus PT Shafco Multi Trading) MEDIA Inform., vol. 16, no. 1, pp. 57–69, 2017.

[2]   A. Sauki, Warsino, and Y. M. Ardi, “Perancangan Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Pada Pt Nani Wahyuni Industries Bekasi,” J. Ilm. SANTIKA, vol. 9, no. 1, pp. 865–872, 2019.

[3]   V. M. M. Siregar, “Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Pakaian pada Galoenk Distro Pematang Siantar,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 49, pp. 13–26, 2017.

[4]   D. Uswara and H. Patrie, “Perancangan sistem informasi pembelian dan penjualan toko elisa rizki dengan metodologi berorientasi obyek,” IDEALIS, vol. 2, pp. 297–301, 2019.

5]     A. Kristanto, Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Klaten: Gava Media, 2018.

[6]   J. Enterprise, Otodidak Visual Basic. PT Elex Media Komputindo, 2017.

[7]   Hardiyanto, Abdussomad, E. Haryadi, R. Sopandi, and Asep, “Penerapan Model Waterfall dan UML Dalam Rancang Bangun Program Pembelian Barang Berorientasi Objek pada PT Fujita Indonesia,” INTERKOM, vol. 13, pp. 1–12, 2019.

[8]   Raharjo, Belajar Otodidak MySQL. Informatika Bandung, 2018.

[9]   R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

[10] E. R. Yunita and N. Safitri, “Sistem Informasi Pengadaan Bahan Baku Berbasis Desktop Pada PT Inti Technik Sejahtera Bekasi,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 4 No.1, no. 1, pp. 85–94, 2019.

[11] Munawar, Analisa Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML. Informatika Bandung, 2018.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-23